Kanwil Kemenag Catat Lima Jamaah Haji Lampung Meninggal Dunia

Kedatangan jemaah haji/ Ist
Kedatangan jemaah haji/ Ist

Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Lampung mencatat dari 3.294 jamaah haji ada lima yang meninggal dunia dan tujuh terkonfirmasi positif Covid-19.


"Tahun ini kami memberangkatkan jamaah haji dengan total 3.294 orang jamaah dan yang kembali ke Lampung sebesar 3.289, meninggal dunia 5 jamaah,"kata Plh Kabid Penyelengaraan Haji dan Umroh Akhor Wiwit Sudiono, Selasa (2/8).

Kelima jamaah haji tersebut meninggal dunia di Mekkah dengan berbagai macam penyebab, salah satunya karena kelelahan mengikuti rangkaian ibadah haji.

Empat dari lima nama jemaah haji yang meninggal dunia di antaranya Ishak Bin AH Tarmidi dari Bandar Lampung dan Sri Banun Kartawi asal Lampung Tengah, Sahinnunah Abdul Wahid Bandar Lampung, Habibullah Asror Dulah Komari Tanggamus.

Selain itu, Wiwit juga mengatakan berdasarkan informasi yang diterima dari Dinas Kesehatan hingga KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) Panjang terdapat 7 jamaah yang terpapar Covid-19.

"Kurang lebih informasi yang kita terima sebanyak 7 jamaah dan itu di kloter awal, namun saat ini sudah terkonfirmasi sehat," katanya.

"Iyakan, secara umum apabila jamaah pulang dari haji itu pilek dan flu memang secara umum terjadi. Insyaallah saat ini sudah sehat semuanya," tutup dia.