Kapendam Jawab Video Larangan Zikir Di Baiturrahman

Kapendam dan ulama saat debat soal prokes di Masjid Raya Baiturrahman, Aceh/Net
Kapendam dan ulama saat debat soal prokes di Masjid Raya Baiturrahman, Aceh/Net

Viral video perdebatan antara Kapendam Iskandar Muda Kolonel Arh Sudrajat dengan ulama dan jamaahnya di teras Masjid Raya Baiturrahman, Aceh. Berbagai spekulasi beredar soal video tersebut.


Kepada Kantor Berita RMOLAceh, Sudrajat menegaskan tidak melarang masyarakat zikir atau doa bersama di masjid. Dia hanya meminta masyarakat patuh pada protokol kesehatan.

“Kami mengimbau masyarakat untuk mengikuti prokes. Kami juga menyediakan fasilitas untuk masyarakat yang ingin rapid test,” katanya, Sabtu (2/1).

Sudrajat menyampaikan hal tersebut terkait beredarnya video dan pernyataan yang menyebut pihaknya melarang zikir dan doa bersama di Masjid Baiturrahman jelang malam pergantian tahun miladiyah, Kamis lalu (31/12).

Sudrajat menambahkan, pemeriksaan rapid test yang tersedia juga tidak dipaksakan. Namun seluruh masyarakat yang masuk ke areal masjid diingatkan untuk mengenakan masker dan tetap menjaga jarak.

Lebih lanjut, menurut Sudrajat, Kodam IM sangat mendukung kegiatan-kegiatan religius, seperti zikir dan doa bersama akhir tahun. 

Dia juga menyebut pelaksanaan protokol kesehatan juga dilaksanakan pada peringatan Natal yang digelar di sejumlah gereja di Banda Aceh.

“Adapun keterlambatan acara yang seharusnya diadakan dari jam delapan pagi karena ada acara pernikahan dalam masjid raya. Jadi, kami tidak menghalang-halangi,” katanya.