Kasus ASABRI Yang Seret Anak Ayin Resmi Diserahkan Kejagung Ke JPU

Kejagung RI/Net
Kejagung RI/Net

Berkas perkara dugaan kasus korupsi PT ASABRI yang menyeret Rommy Dharma Satriawan, anak Artalyta Suryani (Ayin), telah diserahkan Kejagung ke JPU Direktorat Penuntutan Jampidsus.


Menurut Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Leonard Eben Ezer Simanjuntak, berkas kasur korupsi PT ASABRI (Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia) diserahkan, Jumat (30/4).

"Kejagung menyerahkan sembilan berkas perkara dugaan tindak pidana korupsi PT ASABRI atas nama sembila tersangka kepada JPU pada Direktorat Penuntutan pada jampidsus," ujarnya seperti dilansir Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (2/5).

Usai diserahkan, jaksa akan melakukan pengecekan kelengkapan syarat formal dan materiil. Berkas akan dikembalikan jika dalam kurun waktu 14 hari menemukan ada kekurangan.

Rommy Dharma Satriawan

Rommy Dharma Satriawan, anak Artalyta Suryani (Ayin), sempat diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai saksi oleh KPK atas aset-aset yang dimiliki tersangka dugaan korupsi Komisaris Utama PT Trada Alam Minera Heru Hidayat (HH) Selasa (6/3).

"(Pemeriksaan Rommy) itu terkait aset yang di Gorontalo, untuk pengecekan aset. Terkait dengan Heru, tapi belum kami pastikan," kata Febrie seperti dilansir Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (6/3).

Bukit Berlian Plantations merupakan perusahaan yang menggarap minyak kelapa sawit yang kebunnya seluas 70 ribu hektare di Palu, Gorontalo, Manado hingga Maluku Utara.

Febrie belum dapat merinci aset yang sedang ditelusuri oleh penyidik terhadap anak pengusaha tersebut. Dia hanya mengatakan bahwa luas aset yang disidik oleh pihaknya mencapai 20 ribu hektare.Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia

Adapun 9 tersangka yang dimaksud adalah

1. ARD selaku Dirut PT ASABRI periode tahun 2011 s/d Maret 2016

2. SW selaku Direktur Utama PT. ASABRI (Persero) periode Maret 2016 s/d Juli 2020

3. BE selaku Mantan Direktur Keuangan PT ASABRI periode Oktober 2008-Juni 2014;

4. HS selaku Direktur PT ASABRI (Persero) periode 2013 s/d 2014 dan 2015 s/d 2019;

5. IWS selaku Kadiv Investasi PT ASABRI Juli 2012 s/d Januari 2017;

6. LP selaku Direktur Utama PT Prima Jaringan;

7. BTS selaku Direktur PT Hanson Internasional;

8. HH selaku Direktur PT Trada Alam Minera dan Direktur PT Maxima Integra;

9. JS selaku Direktur Jakarta Emiten Investor Relation.