Kasus Azis Syamsuddin, KPK Periksa Mantan Kadis Bina Marga Lamteng 

Ali Fikri/Ist
Ali Fikri/Ist

KPK memanggil enam saksi untuk diperiksa dalam kasus korupsi yang menjerat mantan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin di Polresta Bandar Lampung, Jumat (5/11).


Penyidik mencecar para saksi mengenai perkara suap untuk penanganan perkara tindak pidana korupsi yang ditangani KPK di Kabupaten Lampung Tengah. 

Enam saksi tersebut di antaranya, mantan Kepala Dinas Bina Marga Taufik Rahman, dan dua ASN bawahan Taufik yakni Supranowo dan Andri Kadarisman. 

"Aan Riyanto PNS Kasub Bidang Rekonstruksi BPBD Kabupaten Lampung Tengah, Dariyus Hartawan Direktur CV Tetayan Konsultan dan Indra Erlangga ASN Lampung Tengah," ujar Juru Bicara KPK Ali Fikri. 

KPK menetapkan Azis menjadi tersangka pemberi suap kepada mantan penyidik Stepanus Robin Pattuju. Suap diduga diberikan agar Robin mengurus perkara yang menyeret nama Azis di KPK, yaitu pengurusan Dana Alokasi Khusus Lampung Tengah.

KPK menengarai Azis Syamsuddin dan kader Golkar Aliza Gunado memberikan uang Rp 3 miliar kepada Robin Pattuju untuk mengurus perkara tersebut.