Kasus Suap Rektor Unila, KPK Periksa Dosen Hingga Sejumlah Dekan di Polda Lampung

Ilustrasi Rmol Network
Ilustrasi Rmol Network

KPK menjadwalkan pemeriksaan terhadap dosen hingga sejumlah dekan Universitas Lampung (Unila) di Polda Lampung, Kamis (15/9). Mereka akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Rektor Unila Karomani.


Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, para saksi akan diperiksa terkait penerimaan calon mahasiswa baru jalur mandiri Unila tahun 2022, untuk tersangka Karomani.

"Pemeriksaan dilakukan di Polda Lampung," ujar Ali Fikri.

Para saksi di antaranya, Staf Pembantu Rektor Tri Widioko, Dekan Fakultas Kedokteran Prof. Dr. Dyah Wulan Sumekar, Dekan Fakultas Hukum M. Fakih, dan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Prof. Patuan Raja.

Kemudian, Dekan Fakultas Teknik Helmy Fitriawan, Dosen bernama Mualimin, Kepala Biro Perencanaan dan Humas Budi Utomo, dan Dekan Fakultas Pertanian Prof. Irwan Sukri Banuwa.

Sebelumnya, KPK menggeledah Fakultas Mipa, Fisip, FEB dan Pertanian Unila, Rabu (14/9). Penyidik menemukan beberapa dokumen terkait penerimaan mahasiswa baru Unila dan juga bukti elektronik.

Nantinya, barang bukti yang dibawa akan dianalisis dan segera disita sebagai barang bukti dalam perkara suap yang menjerat Rektor Unila Karomani dan pelaku lainnya.

Diketahui, KPK telah menetapkan empat tersangka dalam kasus ini. Di antaranya, Rektor Unila Karomani, Wakil Rektor Bidang Akademik Heryandi, Ketua Senat M. Basri dan kerabat calon mahasiswa Andi Desfiandi.