Kawal Pilrek, Sema UIN RIL Agendakan Dialog Calon Rektor

Dialog 1 warga kampus yang digelar Sema UIN RIL/Ist
Dialog 1 warga kampus yang digelar Sema UIN RIL/Ist

Senat Mahasiswa (Sema) UIN Raden Intan Lampung (RIL) menggelar Dialog Warga Kampus bersama Dekan dan Wakil Dekan 3 seluruh fakultas dalam rangka mengawal jalannya pemilihan rektor (Pilrek) periode 2021-2025, Kamis (3/6).


Ketua Sema-UIN M. Iqbal Farochi mengatakan, dialog ini merupakan dialog yang kedua. Dialog pertama dihadiri oleh Wakil Dekan 1 dan Wakil Dekan 2 seluruh fakultas Rabu (2/6) lalu. 

"Agendanya masing-masing menyampaikan aspirasi bagaimana calon Rektor UIN RIL yang ideal. Baik dari mahasiswa, Dekan dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan kalau kemarin," ujarnya, Jumat (4/6).

Ia berpendapat, rektor ideal adalah orang yang memikirkan seluruh civitas akademika, mulai dari mahasiswa, pegawai, staf, dosen dan lainnya. Terutama, harus peka terhadap kebutuhan mahasiswa dan membuat sistem administrasi lebih baik dan mudah. 

"Ketika ada mahasiswa membutuhkan wadah untuk menaikkan minat dan bakatnya dan dibutuhkan mahasiswa maka segera dibantu dalam pelegalan, kalau ada aktivitas di luar ya dibantu dalam keberangkatan," tambahnya. 

Setelah ini, pihaknya akan menjadwalkan Dialog Warga bersama tiga calon rektor yang telah lulus seleksi. Pasalnya, pilrek yang dimulai sejak tanggal 19 April 2021 telah memasuki babak pemberian pertimbangan kualitatif oleh Senat Universitas.

"Kemungkinan yang akan kami hadirkan tiga calon yang lolos nanti, kalo 10 calon ini terlalu banyak dan dialognya bisa jadi tidak masuk akal," ujarnya. 

Pihaknya tengah berkomunikasi dengan panita pilrek terkait jadwal-jadwal dalam tahapan ini, terutama pengumuman hasil seleksi 10 calon menjadi tiga besar calon rektor.