Kebangkitan UMKM Bukan dengan Jargon, tapi Tindakan Nyata

Teguh Anantawikrama, Ketua Umum Gernas UMKM Bangkit/ Ist
Teguh Anantawikrama, Ketua Umum Gernas UMKM Bangkit/ Ist

GERAKAN UMKM Bangkit adalah gerakan Merah Putih, gerakan yang tidak berafiliasi pada "warna golongan" tapi mengutamakan kebangkitan ekonomi rakyat.

"Ketahanan nasional kita sesungguhnya sangat besar ketergantungannya pada ketahanan ekonomi rakyat," demikian keterangan Teguh Anantawikrama, Ketua Umum Gernas UMKM Bangkit.

Jika ekonomi rakyat berhasil tumbuh maka sebagian dari persoalan bangsa ini dapat teratasi. "Karena itu saya sangat mengharapkan seluruh unsur Gerakan Nasional UMKM bangkit dapat bergerak seirama bahu membahu mendorong kebangkitan ekonomi rakyat, bukan dengan jargon-jargon, tetapi dengan tindakan nyata, sekecil apapun itu," kata Teguh pada himbauan rutin Gerakan Nasional UMKM Bangkit.

Ikhtiar kecil sekalipun sejatinya menjadi daya ungkit bagi gelombang ikhtiar yang lebih besar. Seperti kaidah amal kebaikan yang kecil kadang menarik inspirasi dan ilham untuk berbuat yang lebih besar selanjutnya, baik berasal dari diri sendiri atau mempengaruhi orang lain untuk ikut bergerak.

"Tiupkan angin berupa ikhtiar kecil maka Insya Allah pelan-pelan jadi gelombang yang dashyat, jangan menunggu semangat untuk bergerak tapi bergeraklah maka semangat itu akan datang dengan sendirinya," ujar Teguh memotivasi.