Kejari Pesawaran Resmi Laporkan Alvin Lim ke Polres

Kejari laporkan Alin Lim ke Polres Pesawaran/ Ist
Kejari laporkan Alin Lim ke Polres Pesawaran/ Ist

Kejaksaan Negeri (Kejari) Pesawaran resmi melaporkan video viral milik Alvin Lim ke Polres setempat, yang diduga telah melanggar UU No.1 tahun 1946 tentang KUHP pasal 45 ayat (3) pasal 27 ayat (3) UU No. 19 tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).


Mewakili Kajari Pesawaran Diana Wahyu Widiyanti, Kasi Intel Andy Pranomo mengatakan, kemarin (Selasa, 20/9) pihaknya dengan didampingi Kasi Pidum Mita Hasibuan secara resmi telah melaporkan Alvin Lim ke Polres Pesawaran, dengan nomor Laporan Polisi: 587/IX/2022/Polda LPG/RES/Pesawaran, tanggal 20 September 2022.

"Laporan itu terkait dugaan tindak pidana pencemaran nama baik atas nama Alvin Lim," kata Andy, Rabu (21/9).

Dikatakannya, dugaan pasal yang akan disangkakan ada pasal 14 ayat (1) UU 1946 tentang peraturan hukum pidana Jo pasal 64 ayat (1) KUHP.

"Dan yang kedua pasal 45A ayat (2) juncto pasal 28 ayat (2) UU No.11 tahun 2008 tentang ITE, sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan UU No.19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU No.11 tahun 2008 tentang ITE junto pasal 64 ayat (1) KUHP," kata dia.

Atas dasar tersebut, lanjut Andy, Alvin Lim telah menyebarkan kabar bohong, ucapan yang disampaikannya dapat menimbulkan kegaduhan di masyarakat, juga bisa mengurangi kepercayaan publik terhadap Kejaksaan.

"Kegaduhan yang ditimbulkan bermula saat akun YouTube Alvin Lim mengatakan Kejaksaan Sarang Mafia. Dia juga menyebut jangan melihat Kejaksaan dari gedung yang indah dan cantik, karena menurut dia isinya sampah dan isinya itu kotoran," ujarnya.

Ia mengatakan, Alvin Lim juga menyebut pimpinan di Kejaksaan banyak yang jorok dan koruptif. 

"Jadi apa yang disampaikan itu sangat meresahkan. Untuk itu kami laporkan secara resmi untuk ditindak lanjuti sesuai aturan hukum yang berlaku," timpalnya.

Sementara, Kapolres Pesawaran AKBP Pratomo Widodo diwakili Kasat Reskrim AKP Supriyanto Husin membenarkan pihak Kejari Pesawaran telah melaporkan video Alvin Lim ke Polres Pesawaran.

"Iya benar, Kejari Pesawaran telah membuat laporan terkait dugaan pencemaran nama baik dan dugaan tindak pidana ITE," kata Supriyanto.

Ia mengatakan, karena semua Kejari di kabupaten/kota membuat laporan yang sama, kemungkinan laporan ini akan ditarik ke Polda masing-masing Provinsi.

"Laporan ini pasti ditindak lanjuti, dan karena semua Kejari di kabupaten dan kota membuat laporan, kemungkinan akan ditarik ke Polda dimasing-masing Provinsi untuk dilanjutkan ke Bareskrim Mabes Polri, untuk diproses lebih lanjut," pungkasnya.