Keluarga Ridwan Kamil Umumkan Eril Wafat karena Tenggelam

Putra Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz/Net
Putra Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz/Net

Pihak keluarga Ridwan Kamil menyatakan Emmeril Kahn Mumtadz meninggal dunia. Kabar tersebut disampaikan kakak Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman dalam konferensi persnya, Jumat (3/6).


"Innalillahi wainnailaihi rajiun kullu nafsin dzaiqotul maut. Sesungguhnya semua mahluk yang bernyawa akan merasakan kematian," kata Erwin mengawail pernyataannya.

Ia menjelaskan, pihak keluarga sudah melihat dan mencermati proses pencarian putra Gubernur Jawa Barat itu oleh tim SAR Bern, Swiss. Pihak keluarga juga menilai upaya pencarian telah dilakukan secara maksimal.

"Otoritas setempat sudah menggunakan pencarian spesifik untuk mencari jenazah. Oleh karena itu, kang Emil dan Teh Lia (Atalia) sudah menyampaikan, mereka ikhlas dan meyakini Emmeril Kahn Mumtadz sudah wafat ke Rahmatullah karena tenggelam," ujar Erwin dengan nada bergetar di Gedung Pakuan, Bandung.

Erwin sempat berhenti sejenak saat mengumumkan status pencarian Eril yang sudah menggunakan skema pencarian jenazah itu.

Tak lama, Erwin kembali menjelaskan pihak keluarga telah berkoordinasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat. Sesuai syariat Islam, MUI lantas menganjurkan untuk dishalatkan.

"Kami perwakilan keluarga yang hadir bertemu dengan MUI sudah menyelenggarkan Shalat Gaib untuk almarhum Emmeril Kahn Mumtadz bin Muhammad Ridwan Kamil," demikian keterangan kakak Ridwan Kamil.