Kembali Ditemukan Bayi yang Dibuang, Wali Kota Eva Ingatkan Ancaman Pidana Bagi Pelaku

Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana menjenguk bayi perempuan yang baru dibuang oleh orang tuanya/Ist
Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana menjenguk bayi perempuan yang baru dibuang oleh orang tuanya/Ist

Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana menjenguk bayi perempuan yang ditemukan di Kedamaian. Bayi berumur satu jam tersebut ditemukan dalam kondisi berlumuran darah dan langsung dibawa ke Rumah Sakit A Dadi Tjokrodipo. 


"Ari-arinya masih menempel, jadi tadi dipotong. Saat ini bayi masih dirawat di RS A Dadi Tjokrodipo," kata Eva Dwiana, Selasa (2/8). 

Menurutnya, pembuangan bayi di Kota Bandar Lampung kian masif. Ia meningkatkan kepada pelaku jika ada ancaman pidana atas perbuatannya tersebut. 

"Kemarin orang tua Rizki (bayi yang ditemukan di Jalan Gatot Subroto) mau mengambilnya, tapi tidak bisa sembarangan memberikan. Kita akan berikan saat proses hukum masih berjalan," ujarnya. 

Anak adalah titipan yang wajib dijaga, sehingga untuk mengurangi kasus serupa pihaknya telah memerintahkan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat. 

"Kebanyakan yang membuang bayi bukan warga Bandar Lampung. Mungkin karena alasan belum siap atau hamil diluar nikah. Walaupun begitu kita akan terus melakukan edukasi melalui PPPA," jelasnya.