Kemendagri Minta Pemprov Percepat Evaluasi APBD Perubahan Agar Gaji PPPK Guru Segera Dibayar

Konferensi pers soal PPPK guru di Kota Bandar Lampung/Tuti
Konferensi pers soal PPPK guru di Kota Bandar Lampung/Tuti

Kementerian Dalam Negeri meminta Pemerintah Provinsi Lampung untuk mempercepat evaluasi APBD perubahan yang diusulkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung. Hal ini supaya gaji PPPK guru segera dibayarkan.


Itjen Kementerian Dalam Negeri, Tumonggi Siregar mengatakan pihaknya segera datang ke Pemkot Bandar Lampung dalam rangka memastikan respon pemerintah dalam mengatasi gaji PPPK guru yang dikabarkan menunggak hingga 9 bulan.

Menurutnya, setelah mendapatkan klarifikasi dari Pj Sekretaris Daerah Kota Bandar Lampung, Sukarma Wijaya, pihaknya memahami jika perlu proses administrasi dalam membayarkan gaji PPPK guru.

Tidak seperti makan cabe yang digigit langsung pedas. Ini butuh proses administarasi untuk menyelesaikan permasalahnya, karena PPPK guru ditetapkan pada Maret sementara APBD murni telah ditetapkan, sehingga dianggarkan pada APBD perubahan,” kata Tumonggi Siregar, Senin (26/9).

Pihaknya juga meminta Pemerintah Provinsi Lampung untuk segera mempercepat proses evaluasi APBD perubahan Kota Bandar Lampung yang diusulkan, sehingga APBD perubahan bisa segera disahkan agar bisa membayar gaji PPPK guru.

“Kita minta juga minta pemerintah provinsi untuk mempercepat evalusinya sehingga ini tidak menjadi masalah. Permasalah ini karena proses administrasi saja,” ujarnya.

Lebih lanjut, Tumonggi Siregar mengaku akan melaporkan hasil koordinasi dengan Pemerintah Kota Bandar Lampung ke Kementerian Dalam Negeri untuk dilakukan evaluasi.

“Bisa saja kemungkinan permasalahan seperti ini terjadi juga di kabupaten dan kota lain. Ini akan menjadi evaluasi kami di Kementerian Dalam Negeri,” jelasnya.