Kemenkumham Jelaskan 3 Fasilitas Keimigrasian Anak Berkewarganegaraan Ganda

Kemenkumham Jelaskan 3 Fasilitas Keimigrasian Anak Berkewarganegaraan Ganda/ Ist
Kemenkumham Jelaskan 3 Fasilitas Keimigrasian Anak Berkewarganegaraan Ganda/ Ist

Kantor Wilayah Kemenkumham Lampung mencatat ada tiga fasilitas Keimigrasian bagi Anak yang berkewarganegaraan ganda (yang memiliki paspor asing).


"Ada tiga fasilitas yang diberikan pemerintah kepada anak yang berkewarganegaraan ganda terutama bagi yang memiliki paspor asing," kata Kepala Sub Bidang Informasi Keimigrasian Divisi Keimigrasian Kemenkuham Lampung Newin Budiyanto, Rabu (20/7).

Dia merincikan tiga fasilitas tersebut yakni pertama pembebasan dari kewajiban memiliki visa, kedua pembebasan dari kewajiban memiliki izin keimigrasian dan izin masuk kembali.

"Ketiga atau terakhir pemberian tanda masuk dan keluar yang diperlukan sebagaimana layaknya Warga Negara Indonesia (WNI)," kata Newin.

Selain fasilitas tersebut anak yang berkewarganegaraan ganda juga memiliki hak-hak tersendiri yaitu mendapatkan status sebagai WNI sampai dengan umur 18 tahun  atau belum 18 tahun dan sudah menikah.

"Kemudian mendapatkan paspor Republik Indonesia (RI) dan memiliki paspor Warga Negara Asing (WNA), serta bisa menggunakan paspor WNA bagi yang memiliki dan mendapatkan fasilitas keimigrasian," tutupnya.