Kemensos Evakuasi 15 Orang Terpasung di Lampung Timur


RMOL.Sebanyak 15 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang dipasung di Kabupaten Lampung Timur dievakuasi Kementerian Sosial RI. Sisanya, sebanyak 19 orang masih terpasung.
Kasubbid Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Mental dari Kemensos RI, M. Sawir dalam kunjungan kerjanya di Lampung Timur, Senin (9/4) langsung melakukan evakuasi terhadap korban pemasungan ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ).
Kata Sawir, data ODGJ yang dipasung di Kabupaten Lampung Timur pada tahun 2017 sebanyak 34 orang. Sebanyak 15 orang langsung kami evakuasi untuk direhabilitasi di RSJ,├óÔé¼┬Ø ungkapnya.
Sawir menjelaskan, proses evakuasi dilaksanakan oleh tiga tim. Tim satu, bertugas di Kecamatan Raman Utara dan Pekalongan, Tim Dua, di Kecamatan Sekampung Udik dan Bumi Agung dan Tim Tiga di Kecamatan Sukadana dan Margatiga.
Menurut Sawir, masyarakat secara luas perlu mengetahui, tindakan pemasungan pada ODGJ melanggar Hak Asasi Manusia (HAM).
Kita memahami kondisi di lapangan, terkadang cara ini terpaksa dilakukan karena berbagai pertimbangan,├óÔé¼┬Ø ujarnya.[don]

Berita Sebelumnya

Bravo Lima

Berita Berikutnya

Besok RKPD 2019 Dibuat