Kenalkan Program Ngopi Bangek dan Kades Ekraf, Mulyadi Saleh Ajak Masyarakat Lebih Kreatif

Ist
Ist

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Selatan, Mulyadi Saleh menghadiri acara Ngolah Pikir Pengembangan Wisata dan Ekonomi Kreatif (NGOPI BANGEK) di Kolam Pemandian Way Tebing Cepa (WTC), Desa Taman Baru, Kecamatan Penengahan, Rabu, (29/3).


Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Heri Bastian, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Risko Ramadhanata, Kepala Bidang Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika, Heri Wiyono, serta perwakilan dari jajaran Perangkat Daerah terkait, Pokdarwis Kolam Pemandian WTC serta Pokdarwis Pantai Minang Rua, Bakauheni.

Program yang di inisiasi oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan bersama dengan Penggerak Pesona Wisata Lampung Selatan (P2WLS) tersebut bertujuan untuk memberikan ruang kepada pengelola wisata untuk tidak hanya mempromosikan objek wisata, namun juga produk lokal sebagai cindera mata yang dapat dibuat oleh masyarakat sekitar sebagai salah satu cara memberdayakan serta meningkatkan perekonomian masyarakat.

Mulyadi Saleh mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat yang nantinya akan dibina melalui program Workshop Kades Ekraf.

“Jadi Kades Ekraf itu adalah Kelompok Destinasi Wisata Ekonomi Kreatif yang diharapkan disetiap tempat wisata itu mendapatkan workshop tersebut. Dimana nantinya tempat wisata harus memiliki tempat pelatihan, orang yang melatih, orang yang dilatih dan ada produk yang dapat kita kembangkan,”ucap Mulyadi.

Ia menambahkan, dari hasil workshop diharapkan akan ada hasil produksi yang dapat dijual. Saat ini Kades Ekraf sudah dijalankan oleh penggiat wisata Pantai Minang Rua yang telah memproduksi Cindera Mata berupa gantungan kunci, Pin, serta makanan hasil UMKM dari Pantai Minang Rua yang dapat dijadikan buah tangan oleh pengujung.

Ditempat yang sama, Camat Penengahan Jaelani menyambut baik perhatian dari Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan yang akan mengembangkan tempat wisata Pemandian WTC, karena menurutnya tempat wisata tersebut merupakan tempat yang selalu ramai pengunjung terutama di hari libur atau weekend.

“Harapan saya dari kelompok masyarakat dapat bersinergi dengan pemerintah desa untuk mendapatkan solusi terbaik untuk bersama-sama mengembangkan tempat wisata yang nantinya dapat meningkatkan ekonomi kreatif bagi masyarakat sekitar,” tuturnya.