Kenang Jaksa Agung RI, Kejati Lampung Resmikan Monumen R Soeprapto

Peresmian Monumen R Soeprapto/ Tuti
Peresmian Monumen R Soeprapto/ Tuti

Patung Jaksa Agung RI, R Soeprapto berukuran 1,5 meter x 1,3 meter terpasang di tengah taman di Jalan Jaksa Agung RI, R Soeprapto depan Kantor Gubernur Lampung. 


Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Lampung, Heffinur mengatakan patung yang baru diresmikan ini diharapkan bisa menjadi ikon Kota Bandar Lampung. 

"Pesannya agar melaksanakan penegakan hukum secara berkeadilan, dan diharapkan Pemerintah Kota Bandar Lampung bisa menjaganya," kata Heffinur, Rabu (27/10). 

Sementara itu, Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana mengaku siap menjaga dan merawat taman tersebut bersama dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Bandar Lampung. 

"Ini sudah cantik akan kita jaga dengan baik. Mudah-mudahan menjadi pandangan tercantik di Kota Bandar Lampung," ujarnya. 

Salah satu anggota tim pembuat patung, Dana E Rachmat menjelaskan patung Jaksa Agung RI, R Soeprapto dibuat dalam waktu 3 bulan, dengan mengerahkan 15 seniman dari Bandar Lampung, Pringsewu, Bekasi dan Jogja. 

"Kita kesulitan di anatomi yang detail sekali, karena berkaitan dengan tingkat kemiripan. Yang kita punya hanya gambar berbentuk 2 dimensi, sedangkan monumen ini berbentuk 3 dimensi," jelasnya. 

Dana mengaku memilih perunggu sebagai bahan dasar patung agar lebih tahan lama karena berada di outdoor. Serta agar lebih bagus hasilnya. 

"Harapannya kita punya ruang hijau yang bagus. Mestinya ketika ada tamu dari luar Lampung kualitas monumen di Lampung tidak kalah dengan kota lain," ujarnya.