Kesbangpol Pesawaran Mendata Ada 100 Lebih Anggota Khilafatul Muslimin

Kepala Badan Kesbangpol Zainal Abidin dan Kapolres Pesawaran AKBP Pratomo Widodo di kediaman salah satu anggota Khilafatul Muslimin Gedong Tataan/ Ist
Kepala Badan Kesbangpol Zainal Abidin dan Kapolres Pesawaran AKBP Pratomo Widodo di kediaman salah satu anggota Khilafatul Muslimin Gedong Tataan/ Ist

Pemkab Pesawaran mendata sebanyak kurang lebih seratus anggota Khilafatul Muslimin yang berdomisili di wilayah setempat.


Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pesawaran Zainal Arifin menyampaikan, pihaknya bersama Polres Pesawaran melakukan penertiban sejumlah plang nama Sekretariat Khilafatul Muslimin di Kecamatan Negeri Katon dan Gedong Tataan.

"Memang ada anggota organisasi tersebut di Pesawaran, perkiraan kami mencapai seratus orang. Kalau lokasi sekretariatnya di Kecamatan Negeri Katon dan Kecamatan Gedong Tataan. Memang ada beberapa rumah warga yang difungsikan sebagai kantor dan memasang plang nama, dan saat ini sudah ditertibkan," kata Zainal, Senin (13/6).

Dikatakannya, aksi penertiban itu sesuai dengan instruksi Kapolda Lampung sebagai upaya preventif guna mencegah masuknya unsur yang memecah belah bangsa di kabupaten Bumi Andan Jejama.

"Anggota organisasi tersebut di Pesawaran diperkirakan mencapai seratus orang, terlebih wilayah kita berbatasan langsung dengan Kota Bandar Lampung, Kabupaten Pringsewu dan berada di jalur lintas barat," ujarnya.

Ia mengaku hingga saat ini anggota organisasi itu masih kooperatif bahkan bersedia menurunkan plang nama sekretariat dengan sukarela.

"Kami datangi bersama unsur Kepolisian dan aparat TNI, sejauh ini mereka kooperatif dan sukarela menurunkan plang nama demi kondusifitas masyarakat. Selain itu, kami sampaikan aktivitas apapun yang berhubungan dengan organisasi itu dilarang untuk dilakukan," pungkasnya.