Ketua KPCPEN: PPKM di Luar Jawa-Bali Seluruhnya Level 1

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto jumpa pers usai Ratas bersama Presiden Joko Widodo/Repro
Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto jumpa pers usai Ratas bersama Presiden Joko Widodo/Repro

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di luar wilayah Pulau Jawa dan Bali masih diberlakukan. Namun, tingkat penanganannya berada di level 1.


Hal tersebut disampaikan Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto, dalam jumpa pers usai rapat terbatas (Ratas) bersama Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (23/8).

"Sudah diberlakukan PPKM di luar Jawa-Bali itu dari 386 seluruhnya di level 1," ujar Airlangga dikutip melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini menjelaskan, untuk jumlah kasus aktif Covid-19 yang kini tercatat sebanyak 48.803 kasus, paling banyak disumbang oleh wilayah Jawa dan Bali.

"Di Jawa-Bali sekitar 3 ribu, luar Jawa-Bali sekitar 300 (kasus aktif). Di Jawa-Bali 90 persen, dan luar Jawa-Bali 10 persen," bebernya.

Meski begitu, jika dilihat tingkat transmisi virus Covid-19 atau rate transmition secara nasional, Airlangga yang juga menjabat sebagai Koordinator PPKM Wilayah Luar Pulau Jawa dan Bali mencatat adanya penurunan.

"Kalau kita lihat RT secara nasional terjadi penurunan di angka 1,12. Demikian pula di berbagai wilayah, Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua juga turun," demikian Airlangga.