Ketua PDIP Mesuji Ajak Maknai dan Amalkan Pancasila dalam Keseharian

Budhi Condrowati/Ist
Budhi Condrowati/Ist

Ketua DPC PDI Perjuangan Mesuji Budhi Condrowati mengajak masyarakat untuk memaknai dan mengamalkan Pancasila dalam keseharian.


Dia mengatakan memaknai Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap 1 Juni ini, jangan hanya dengan kegiatan simbolis saja.

Tetapi, masyarakat seharusnya menerapkan nilai-nilai Pancasila itu ke dalam kehidupan sehari-hari.

"Masyarakat perlu merenungkan kembali agar benar-benar memahami makna nilai Pancasila dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila itu dalam kehidupan sehari-hari," katanya, Rabu (1/6).

Menurut Budhi, Pancasila itu harus dipatuhi dari sila pertama hingga ke sila kelima. Sebab, antara sila satu dengan yang lainnya saling berkaitan.

Misalnya, sila pertama ketuhanan yang maha esa, artinya kita hidup harus saling bergotong-royong (tolong menolong).

Lalu sila kedua kemanusiaan yang adil dan beradab. Jadi, ketika sudah gotong-royong, maka kita mematuhi norma agama, lalu kita juga harus adil dan beradab sebagai sila ke dua.

"Kalau sudah mengamalkan sila kedua pasti mengamalkan sila selanjutnya artinya Pancasila itu memang berkaitan dan sangat penting dikehidupan sehari-hari kita jadi harus diamalkan dan dimaknai nilai-nilai nya," ucapnya.

Selain itu Budhi Condrowati juga menegaskan, karena adanya Pancasila NKRI masih utuh dan tetap bersatu bahkan melekat dikehidupan sehari-hari.

"Kita punya Pancasila NKRI kita masih utuh. Pancasila itu memang benar-benar merekatkan kita, bangsa, dan negara Indonesia yang berbeda-beda suku, ras, agama," tegas dia.

"Kalau masyarakat Indonesia mengamalkan nilai-nilai Pancasila saya yakin kita aman sentosa," tutup Budhi Condrowati yang juga Anggota DPRD Lampung.