Ketua Seknas Jokowi Dedy Mawardi Dimakamkan Dengan Protokol Covid-19

Prosesi pemakaman Dedy Mawardi/ Vera
Prosesi pemakaman Dedy Mawardi/ Vera

Ketua Seknas Jokowi yang juga menjabat Komisaris PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI Dedy Mawardi telah dimakamkan di TPU Kebonjahe, Enggal, Bandarlampung. Prosesi pemakaman diiringi isak tangis keluarga.


"Almarhum orang baik, semoga ditempatkan di tempat terbaik," kata Susi, salah seorang kerabat almarhum di lokasi.

Pantauan Kantor Berita RMOLLampung di lokasi pemakaman, Rabu (7/7), jenazah dimasukkan ke liang lahat pukul 17.23 WIB dengan menggunakan peti mayat terbungkus plastik transparan yang sangat tebal.

Selain peti mayat yang terbungkus plastik tebal, petugas  pemulasaran jenazah wajib mengikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh pemerintah yakni mengenakan alat perlindungan diri (APD) lengkap  ketika melakukan proses pemulasaran jenazah guna menghindari penularan virus Covid-19.

Petugas yang dikerahkan didalam proses pemakaman almarhum Dedy Mawardi ada tujuh orang. 

Fungsi ketujuh petugas itu untuk mengangkat peti mayat hingga masuk ke liang lahat, menguburkan jenazah serta mendoakan jenazah ketika sudah dikubur.

Sedangkan, pihak keluarga dan juga kerabat tidak diperbolehkan untuk menyentuh peti mayat atau ikut dalam proses penguburan jenazah melainkan hanya  melihat di samping liang lahat dengan protokol kesehatan yang ketat.

Kemudian, setelah liang lahat ditutup, keluarga dan kerabat mendoakan almarhum, lalu menaburkan bunga sembari  menyiram makam dengan air mawar.