Khairul Mukhtar, Ketua PAN Pesibar yang Akan Gantikan Zulkifli Hasan di DPR RI

Khairul Muhtar/istimewa
Khairul Muhtar/istimewa

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan telah resmi dilantik Presiden Jokowi menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Lutfi, Rabu, 15 Juni 2022.


Sebelumnya, Zulhas menduduki jabatan Wakil Ketua MPR RI. Ia melaju ke senayan setelah menjadi anggota DPR RI daerah pemilihan (Dapil) Lampung I pada Pemilu 2019.

Sehingga, Ketua DPW PAN Lampung Irham Jafar Lan Putra mengatakan, Zulhas akan digantikan oleh Khairul Muktar sebagai pergantian antar waktu (PAW)

"Akan dilakukan PAW dari perolehan suara dibawahnya yaitu saudara Khairul Muhtar Istiqlal, saat ini yang bersangkutan sebagai ketua DPD PAN kabupaten Pesisir Barat," ujarnya, Senin (20/6).

Proses PAW tersebut, lanjut Irham Jafar, akan diproses oleh DPP PAN di Jakarta. 

Diketahui, pada Pemilu 2019 Zulkifli Hasan meraih suara terbanyak dengan 132.039 dan jadi satu-satunya perolehan kursi PAN di Dapil Lampung I. Urutan keduanya adalah Khairul Muktar dengan 14.830 suara.

Hal ini diatur dalam pasal 242 UU no.13 tahun 2019 tentang perubahan ketiga atas UU nomor 17 Tahun 2014 tentang MD3.

Bunyinya "Anggota DPR yang berhenti antarwaktu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 239 ayat (1) dan Pasal 240 ayat (1) digantikan oleh calon anggota DPR yang memperoleh suara terbanyak urutan berikutnya dalam daftar peringkat perolehan suara dari partai politik yang sama pada daerah pemilihan yang sama,".