Khataman 30 Juz, Rektor IIB Darmajaya Ajak Tingkatkan Cinta Alquran

Khataman Alquran IIB Darmajaya/Ist
Khataman Alquran IIB Darmajaya/Ist

Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menggelar Khataman Alquran Online 30 juz yang diikuti dosen dan karyawan. Kegiatan ini digelar melalui virtual zoom meeting yang dihadiri Ketua MUI Kota Bandarlampung, Amiruddin. 


Rektor IBI Darmajaya, Firmansyah mengatakan kegiatan Khataman Alquran ini merupakan yang pertama kali dilakukan secara online. 

“Sebetulnya kegiatan Bina Baca Quran (BBQ) ini sudah kita mulai sejak awal 2016 saat kembali diamanahkan menjadi rektor,” ujarnya.

Firmansyah menjelaskan tujuan kegiatan ini,  agar seluruh sivitas yang beragama Islam dapat mencintai Alquran, dari dosen-dosennya maka mahasiswanya juga akan cinta kepada Al-Quran. 

“Misalnya mengajar manajemen juga dapat menyadur dari Alquran dan ada semua di Alquran. Dan itu menjadikan motivasi mahasiswanya juga mempelajari Al-Quran,” ujarnya.

Tidak hanya yang muslim, kata Firmansyah, untuk yang beragama lain juga agar mencintai kitab suci agamanya. 

“Ini nanti menjadi wajib setiap mahasiswa agar dapat menjadikan buku bacaannya ketika dosen memberikan materi di kelas. Yang Nasrani dengan kitabnya, yang Hindu juga demikian. Begitu juga dengan yang Budha,” jelasnya.

Menurutnya, dengan mencintai kitabnya sebagai pasangan hidup, mahasiswa IIB Darmajaya akan menjadi lulusan yang berakhlak baik dan berbudi pekerti luhur. “Tujuannya apa untuk saling mengingatkan,” tegasnya.

Sementara, Ketua MUI Kota Bandarlampung, Amiruddin mengatakan khataman Al-quran yang digagas IIB Darmajaya ini sangat baik. Karena sudah dijelaskan dalam Alquran bahwa jadikan Alquran sebagai pegangan dan tuntunan hidup.

"Semoga kegiatan ini menjadikan kampus IIB Darmajaya menambah berkah. Dengan mengamalkan dan selalu mengikuti tuntunan dalam Alquran akan selalu mendapatkan kelapangan hidup,” ujarnya.