Khilafatul Muslimin Ikrar Setia NKRI, PBNU Ingatkan Jika Masih Ideologi Khilafah Silah Keluar Indonesia 

Mustasyar PBNU, Said Aqil Siradj/Tuti
Mustasyar PBNU, Said Aqil Siradj/Tuti

Ratusan anggota Khilafatul Muslimin di Lampung berikrar setia kepada Negera Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pembacaan ikrar tersebut berlangsung dibeberapa tempat seperti Balai Keratun dan Gedung Semergou.


Menanggapi hal tersebut, Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Said Aqil Siradj menginginkan Khalifah Muslimin agar betul-betul berikrar setia kepada NKRI. Namun jika masih berideologi khalifah silahkan keluar dari NKRI. 

"Kalau sudah ikrar lagi dan betul-betul, ya harus kita terima. Namun jika ideologinya masih khilafah ya silahkan keluar dari Indonesia, setidaknya ke Afganistan," kata Said Aqil Siradj, Senin (15/8). 

Sementara itu, Ketua Tanfidziyah PWNU Lampung, Prof Moh Mukri mengatakan hal yang bagus jika Khilafatul Muslimin kembali berikrar setia NKRI, namun pemerintah harus tetap memantau agar sumpahnya dijalankan. 

"Yang paling penting juga mengedukasi agar mereka betul-betul berperilaku dan berideologi secara benar. Negara harus hadir dan mengambil tindakan," kata Prof Mukri. 

Menurutnya, permasalahan radikalisme adalah tanggung jawab bersama, namun negera memiliki kewenangan besar. Sehingga harus menjadi perhatian dan tindakan tegas dari negara. 

"Kita sebagai masyarakat tentu mendukung tindak yang dilakukan oleh pemerintah. Jika kita yang melakukan tindakan malah akan menjadi peperangan, kita bisa bantu sebatas edukasi," ujarnya.