KMP Batumandi Kandas di Pulau Prajurit, 393 Penumpang Selamat

KMP Batumamdi yang kamdas/ Ist
KMP Batumamdi yang kamdas/ Ist

Kapal Ferry KMP Batumandi yang hendak ke Pelabuhan Merak dengan membawa 393 penumpang kandas di Pulau Panjurit, Lampung, Rabu (13/7), pukul 10.55 WIB.


Kandasnya kapal dikarenakan mengalami gangguan mesin bagian kiri ketika akan melintang ke Pulau Panjurit.

"KMP Batumandi membawa 393 orang penumpang dan 148 unit kendaraan bertolak dari Dermaga Rksekutif Bakauheni pukul 10.42 WIB. Dan ketika kapal melintang ke Pulau Panjurit mengalami gangguan mesin sebelah kiri," kata Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry Shelvy Arifin dalam keterangan tertulisnya, Rabu (13/7).

Dia mengatakan setelah kapal mengalami gangguan tersebut, awak kapal meminta bantuan tugboat. Adapun saat kejadian cuaca dilaporkan mendung, dengan kecepatan angin sekitar 2 sampai 5 knot.

"Pihak ASDP Bakauheni segera merespon kejadian dengan berkoordinasi ke KSOP, BPTD dan pihak terkait untuk melakukan evakuasi dan saat ini tengah dilakukan evakuasi dengan tugboat," kata dia.

Lanjutnya, ASDP akan melakukan upaya maksimal untuk segera mengatasi hal ini, sehingga KMP Batumandi dapat segera beroperasi kembali.

"Untuk itu, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan. Adapun perkembangan dan kondisi terbaru akan dilaporkan kembali," ucap Shelvy Arifin.

Humas Kantor SAR (Basarnas) Lampung Deni Kurniawan mengatakan saat ini Tim SAR Gabungan masih melakukan upaya evakuasi terhadap kapal feri tersebut.

“Masih dalam proses evakuasi dengan tugboat. Masih diupayakan maksimal agar kapal itu lepas dari kandas,” kata Deni.

Sementara, Humas PT ASDP Cabang Bakauheni Saifulahil Maslul Harahap mengaku bahwa seluruh penumpang yang ada dalam Kapal KMP Batumandi selamat dan aman.

"Alhamdulillah seluruh penumpang Kapal KMP Batumandi selamat," tutupnya.