Komisi I Minta Kontestan Pilkades dan Masyarakat Pesawaran Tetap Jaga Kerukunan

Komisi I DORD Pesawaran saat meninjau pilkades/ Rama
Komisi I DORD Pesawaran saat meninjau pilkades/ Rama

Komisi I DPRD Pesawaran meminta seluruh kontestan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak untuk menjaga ketertiban saat penyelenggaraan Pilkades.


Menurut Ketua Komisi I Yusak, Pilkades yang digelar harus menjadi pesta rakyat yang aman, damai sehingga menghasilkan pemimpin terbaik pilihan masyarakat.

"Hari ini Pilkades serentak digelar, semua elemen harus menjaga keamanan sehingga masyarakat tetap rukun saat digelar maupun pasca pelaksanaan Pilkades," kata Yusak saat turun bersama Anggota Komisi I di desa-desa yang menggelar Pilkades Kecamatan Tegineneng dan Kecamatan Negeri Katon, Rabu (17/11). 

Dikatakannya, Komisi I memiliki tanggung jawab terhadap pelaksanaan Pilkades serentak 2021 yang saat ini sedang berjalan di Kabupaen Pesawaran agar tercipta rasa aman, nyaman dan tenteram.

"Bagi yang menang jangan jumawa, dan yang kalah juga harus berlapang dada, karena itu semua sudah merupakan pilihan masyarakat, dan juga agar tercipta rasa aman, nyaman dan damai di masyarakat," ujarnya.

Yusak berpesan, bagi calon Kepala Desa yang menang dapat mematuhi peraturan yang berlaku terutama terkait pengangkatan aparatur desa.

"Jangan sampai setelah terpilih gaduh terkait pengangkatan aparatur desa seperti yang sudah-sudah, harus dapat memimpin sesuai dengan aturan yang berlaku," pungkasnya.