Komisi I Sidak Tiga Karaoke di Pringsewu Kota, Ini Hasilnya

Ketua Komisi I Sagang Nainggolan/ Nurul Ikhwan
Ketua Komisi I Sagang Nainggolan/ Nurul Ikhwan

Komisi I DPRD Pringsewu didampingi Camat Pringsewu Kota dan Satuan Polisi Pamong Praja, melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di tiga tempat lokasi hiburan karaoke.


Ketiga karaoke itu yakni Green Karaoke,di Jalan KH Gholid, Golden Karaoke di Jalan Sudirman dan Karaoke Family di Jalan Ahmad Yani.

Ketua Komisi I Sagang Nainggolan mengatakan, dari hasil sidak di tiga karoake itu, ternyata Green Karaoke sudah memiliki izin melalui online sistem, tapi waktu itu masih berbasis elektronik.

Sementara, lanjut dia perizinan sekarang ini berbabis resiko yang diatur dalam peraturan pemerintah 5 tahun 2020 tentang informasi perdagangan.

"Nanti, kita akan diskusi dengan Dinas Perizinan, seharusnya dengan terbitnya perizinan yang berbasis resiko ini harusnya di sesuaikan dengan aturan yang ada," kata Sagang Nanggolan usai Sidak, Senin (24/1).

Kemudian untuk Karaoke Family dan Golden, kedua karoake tersebut sudah tutup. Namun harus tetap dipantau apakah tutup atau tidak.

"Bagaimana kita mau minta surat surat izinnya kalau tutup. Namun kita meminta kepada masyarakat untuk sama sama memantaunya" jelasnya.

Dia melanjutkan, pada prinsipnya Komisi I DPRD dengan ini tidak  menghalangi bagi pelaku usaha namun harus tertib administrasi.

"Jadi kunjunganan kita hari ini hanya menyampaikan inspirasi dari masyarakat dan pemberitaan dari media," tuturnya.

Sagang menegaskan, terkait SK Bupati Pringsewu Nomor:B/282/KPTS/D.15/2020 tentang Penetapan Tempat Penyelenggaraan Usaha Karaoke dan Hiburan Malam.Pihaknya akan berkoordinasi dengan OPD terkait dalam hal ini Dispora dan Perizinan.

“nanti kita akan panggil dinas terkait dan kita sama sama menanyakan kepada Dinas Perizinan termasuk soal SK Bupati itu," pungkasnya.