Komisi IV Tak Puas Kinerja Satker Pemprov

Sekretaris Komisi IV DPRD Lampung, Kostiana/ RMOLLampung
Sekretaris Komisi IV DPRD Lampung, Kostiana/ RMOLLampung

Komisi IV DPRD Provinsi Lampung merasa kurang puas dengan kinerja satuan kerja (Satker) daerah yang menjadi mitra komisi ini.


"Iya kurang puas karena penyerapan anggaran rata-rata satker masih di bawah 40 persen," kata anggota Komisi IV Fraksi Nasdem Budi Yuhanda, Kamis (24/9).

“Dari berbagai satker yang sudah kita panggil, kita mendengarkan penjelasan dari masing-masing bahwa penyerapan APBD masih di bawah 40 persen, ini menjadi pertanyaan kami sampai saat ini,” ujarnya.

Senada Sekretaris Komisi IV Kostiana. Dia mengatakan recofusing anggaran dan dampak Covid-19 menyebabkan tertundanya berbagai pekerjaan maupun proyek, sehingga kerja dari satker kurang maksimal.

“Tapi tadi satker-satker yang sudah kita panggil optimis bakal menyelesaikan program-programnya di akhir tahun ini, seperti misalnya BMBK,” ujar Kostiana.

Diketahui, mitra kerja Komisi IV meliputi Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air; Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi, Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman  dan Cipta Karya, Dinas Perhubungan, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

Lalu, Lembaga/Dinas Instansi Vertikal di daerah, Pemerintah Daerah Provinsi, Pemerintah daerah kabupaten/kota yang berkaitan dengan pengawasan pembangunan proyek fisik yang bersumber dari APBN/APBD dan instansi atau Lembaga lain yang terkait dengan bidang pembangunan.