Komisioner Bawaslu Pringsewu Beberkan Soal Namanya Dicatut Parpol

Komisioner Bawaslu Kabupaten Pringsewu Fajar Fakhlevi/ Nurul Ikhwan
Komisioner Bawaslu Kabupaten Pringsewu Fajar Fakhlevi/ Nurul Ikhwan

Komisioner Bawaslu Kabupaten Pringsewu Fajar Fakhlevi menanggapi namanya yang dicatut agar terdaftar sebagai salah satu kader partai politik dalam aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).


"Bawaslu Provinsi melaporkan bahwa namanya saya masuk dalam daftar Sipol, saya sadar bahwa nama saya dicatut. Lalu setelah Sipol itu saya akses data memang betul ada nama saya," kata Fajar Fakhlevi kepada Kantor Berita RMOLLampung, Senin(8/8).

Tapi lanjut Fajar, setelah dirinya telusuri lebih dalam memang namanya ada, tapi itu nama sekadar nama karena alamat dalam Kartu Tanda Penduduk( KTP) itu pun salah. "Karena bukan alamat KTP saya hari ini, hanya NIK dan nama saja," tandasnya. 

Menurutnya, data KTP yang masuk dalam syarat Sipol  itu poto dan tanda tangan dipalsukan serta tanggal lahir juga tidak sesuai. Sementara alamat yang dicantumkan dalam data itu alamat orang tuanya.

 "Jadi itu murni pencatutan dari salah satu parpol, saya bisa pastikan bahwa itu bukan KTP saya," jelas Fajar.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu Lampung, Fatikhatul Khoiriyah mengatakan per Jumat 5 Agustus 2022 pukul 12.00 WIB, pihaknya menerima laporan 9 Komisioner dan staf Bawaslu di Lampung yang terdaftar di Sipol.

"Komisioner Bawaslu Pringsewu atas nama Fajar Fakhlevi, ada satu staf di Bawaslu Lampung Selatan, satu staf di Tanggamus, satu staf di Bandar Lampung, dua staf di Pesawaran, dua staf di Lampung Barat dan satu staf di Way Kanan," ujarnya.