KONI Pringsewu Gelar Pekan Olahraga Pekon Juli Mendatang

Dwi Pribadi (tengah)/ Nurul Ikhwan
Dwi Pribadi (tengah)/ Nurul Ikhwan

Pengurus Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Pringsewu mencari bibit atlet hingga di tingkat pekon (desa) melalui Pekan Olahraga Pekon (Porkon).


Dwi Pribadi selaku Ketua KONI mengatakan, terbukti sejumlah atlet berprestasi di Pringsewu ini berasal dari pekon di beberapa kecamatan.

"Maka itu pihaknya melalui program kerja KONI Pringsewu berinisiatif mengambil gebrakan untuk menggelar Porkon l Juli mendatang," kata Dwi Pribadi, Sabtu (22/5).

Ia menuturkan, ada sejumlah atlet asal Pringsewu yang akan mengikuti PON tahun 2021 di Papua. Di antaranya, cabor atletik, renang, catur dan biliar. 

Ternyata sejumlah atlet yang akan mengikuti ajang PON ini berasal dari desa, khususnya atletik.

Melihat itu, KONI semakin semangat untuk tetap menggelar Porkon, kendati dananya minim. Namun disiasati digelar dengan cara dibagi zona.

"Kami awali tiga zona kecamatan dulu, mudah-mudahan kedepan Porkon bisa digelar di setiap kecamatan masing-masing," ungkapnya.

Bahkan, kata Dwi pelaksanaan Porkon I tersebut KONI akan berkolaborasi bekerja sama dengan Jajaran Pengurus Karang Taruna di berbagai tingkatan di Kabupaten Pringsewu.

"Sebab biasanya berbagai kegiatan cabang olahraga di tingkat pekon merupakan binaan dari Karang Taruna," imbuhnya.

Wakil Ketua II KONI Pringsewu Bidang Prestasi Samsul Gustaf memaparkan, untuk pelaksanaan Porkon pada Juli mendatang terbagi tiga zona yakni zona 1 Kecamatan Sukoharjo, Adiluih, Banyumas dan Pagelaran Utara.

Untuk zona 2, Kecamatan Pringsewu dan Gadingrejo. Serta zona 3 Kecamatan Pagelaran, Ambarawa dan Pardasuka. 

"Untuk Cabor yang dipertandingkan ada enam yakni sepakbola, futsal, voli, pencak silat, bulutangkis dan senam," jelasnya.

"Terpenting lagi adanya Porkon dapat meningkatkan ekonomi kreatif dan menumbuh kembangkan kesejahteraan," tambah Samsul. 

Sementara, Ketua Karang Taruna Kabupaten Pringsewu, Iswahyudi Joko siap membantu dan mendukung program KONI yang akan menggelar Porkon tersebut, dengan mengerahkan jajaran Karang Taruna ditingkat kabupaten, kecamatan hingga tingkat Pekon.

"Intinya pasukan Karang Taruna siap dukung dan mensukseskan gelaran Porkon tersebut. Bila perlu dilaksanakan setiap tahun sekali,"ucapnya.