Kopi Lampung Begawi 2022, Upaya Pemprov Bangkitkan Kreativitas dan Inovasi Pelaku Usaha

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi di acara Kopi Lampung Begawi Tahun 2022 di Gedung Graha Wangsa/ist
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi di acara Kopi Lampung Begawi Tahun 2022 di Gedung Graha Wangsa/ist

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi secara resmi membuka event Kopi Lampung Begawi Tahun 2022 di Gedung Graha Wangsa, Selasa (4/10). Event Kopi Lampung Begawi 2022 mengambil Tema "Robusta Lampung Membangun Negeri".


Arinal mengatakan, bahwa penyelenggaraan Kopi Lampung Begawi Tahun 2022, adalah bentuk upaya Pemerintah Provinsi Lampung untuk membangkitkan kreativitas dan inovasi para pelaku usaha kopi, memperluas pasar dalam negeri dan mendorong petani serta industri kecil menengah untuk menghasilkan produk yang berkualitas.

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung acara ini, baik itu dari Instansi Pemerintah, Pemerintah Kabupaten kota, BUMN/ BUMD, dan swasta yang telah berkontribusi untuk terlaksananya acara ini," ujarnya.

Arinal mengajak seluruh pelaku usaha kopi di Lampung, mulai dari petani, industri kecil dan menengah, industri besar, eksportir, barista, dan pelaku usaha di bidang penyajian kopi untuk bisa memanfaatkan momentum ini untuk bekerjasama.

Gubernur Arinal menambahkan, menurut data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2021 perekonomian di Provinsi Lampung secara garis besar ditopang oleh tiga sektor utama, yaitu pertanian, kehutanan, dan perikanan sebesar 28,39 persen, industri Pengolahan 19,65 persen, dan perdagangan besar dan eceran 11,7 persen.

"Total produksi kopi di Indonesia pada tahun 2021 sebesar 774.600 Ton dimana Provinsi Lampung memberikan kontribusi sebesar 118.000 Ton, yang merupakan penyumbang terbesar kedua setelah Provinsi Sumatera Selatan," sambungnya.

Saat ini, kata Arinal, pemanfaatan kopi pada dunia industri bukan hanya terbatas pada industri makanan dan minuman, namun lebih luas lagi kopi dengan berbagai zat yang terkandung didalamnya juga dapat memberikan manfaat dan menjadi bahan baku antara lain pada industri farmasi dan industri kosmetik. 

Bahkan melalui tangan-tangan kreatif dan terampil bubuk kopi dapat diolah menjadi benda seni bernilai tinggi berupa lukisan kopi yang saat ini di Lampung sudah terdapat beberapa pelukis kopi yang eksis mengekspresikan jiwa seninya melalui media kopi.