Korcam, Kepala SD dan SMP di Pesawaran Dikukuhkan

Pengukuhan terhadap Koordinator Wilayah Kecamatan, Kepala SD dan SMP/Rama
Pengukuhan terhadap Koordinator Wilayah Kecamatan, Kepala SD dan SMP/Rama

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona melakukan pengukuhan terhadap Koordinator Wilayah Kecamatan (Korcam), Kepala Sekolah Dasar (SD) dan Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) di kabupaten setempat.


Asisten III Pesawaran Bidang Admimistrasi Heriansyah mewakili Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, mengatakan pergeseran adalah hal yang biasa dalam pemerintahan, khususnya untuk meningkatkan kapasitas dan penyegaran dalam lingkungan tugas. 

"Kegiatan ini adalah salah satu rangkaian untuk mewujudkan apa yang diamanahkan peraturan perundangan-undangan, penempatan yang dilakukan ini pastinya sudah melalui pertimbangan dan penilaian, jadi apapun penugasan yang diterima adalah amanah yang harus diemban dan dipertanggungjawabkan," kata Heriansyah, saat melakukan pengukuhan tersebut di Aula sanggar kebudayaan belajar (SKB) Desa Wiyono, Gedong Tataan, Jumat (24/12). 

Untuk itu, Ia juga berharap kepada para ASN guru yang dikukuhkan bisa mengemban amanah dengan penuh tanggungjawab dan meningkatkan koordinasi yang baik kepada Dinas Pendidikan dan stakeholder terkait. 

"Saya berharap kepada yang dikukuhkan hari ini agar dapat terus bekerja dengan penuh tanggungjawab dan berinovasi jangan membatasi diri berkembang demi Pesawaran yang kita cintai ini," harapnya. 

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pesawaran Anca Martha Utama mengatakan kegiatan ini setidaknya ada ratusan ASN yang dikukuhkan. 

"Untuk kordinator wilayah kecamatan ada 9 orang, kemudian kepala sekolah menengah pertama 28 orang dan kepala sekolah dasar 141 Orang," kata Anca. 

Lebih lanjut, Anca menjelaskan, pengukuhan ini juga dilakukan setelah melalui berbagai tahapan sesuai regulasi yang berlaku. 

"Dapat saya sampaikan proses penentuan calon kepala sekolah dan Kocam dimulai sejak Februari secara administrasi, uji kompetensi dan kualifikasi calon kepala sekolah, dan pengawas. Namun baru hari ini bisa dilakukan pengukuhan dikarenakan adanya perubahan struktur organisasi dan tata laksana Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesawaran," jelasnya. 

Dikatakannya, jika Disdik Kabupaten Pesawaran juga melakukan merger (penggabungan, Red) terhadap beberapa sekolah dasar sebagai upaya untuk mengefektifkan dan efisien sistem belajar mengajar. 

"Kurang lebih ada 18 sekolah dasar yang kita lakukan merger pada satuan pendidikan dilingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesawaran, menjadi salah satu penyebab lamanya proses pengukuhan kepala sekolah dan Korcam ini," pungkasnya.