Korsleting Listrik, Rumah Warga Talangpadang Ludes Terbakar

Rumah seorang warga bernama Malik Prastio (33) di Pekon Way Halom Kecamatan Talangpadang Kabupaten Tanggamus, ludes terbakar, Rabu (20/11/19).


Kapolsek Talangpadang, Iptu Khairul Yassin Ariga, mengatakan peristiwa terbakarnya rumah korban yang bekerja di bengkel itu terjadi menjelang sore hari.

"Kebakaran diketahui pertama kali oleh istri pemilik rumah, Atika, sekitar pukul 15.15 Wib," kata Kapolsek dalam keterangannya mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto.

Kapolsek menjelaskan, saat itu Atika yang sedang melipat baju di ruang tengah. Saat itu dia melihat ada cahaya terang dari arah dapur.

Kemudian Atika ke arah dapur dan ternyata api sudah membesar. Ia pun berteriak minta tolong kepada warga sekitar. Warga pun langsung berdatangan. Tak lama, datang satu unit mobil pemadam kebakaran.

"Api bisa dipadamkan seluruhnya lebih kurang 50 menit. Namun seluruh bagian rumah dan seisinya sudah habis terbakar," pungkasnya.

Lanjut Kapolsek, pihaknya telah mendatangi TKP dan telah meminta keterangan saksi-saksi dalam peristiwa itu.

"Kami sudah melakukan olah TKP dan periksa saksi-saksi. Kesimpulannya penyebab kebakaran karena hubungan arus pendek listrik atau korsleting," ujarnya.

Menurut Kapolsek, dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa, dan kerugian materi lebih dari Rp 30 juta. Sebab seluruh rumah semi permenen yang terbuat dari kayu dan seisinya terbakar dan rusak.

Barang berharga tersebut berupa sertifikat rumah atas nama Malik Prastiyo, perhiasan berupa gelang emas seberat dua gram dan cincin satu gram. Uang tunai Rp 950 ribu.

Lalu satu unit DVD, perabotan rumah tangga dan pakaian, buku nikah atas nama Malik Prastiyo dan Atika, berikut KTP, akte kelahiran satu orang anak dan kartu keluarga, kartu BPJS ketiganya.