Korupsi Proyek Rp339 Juta, Mantan Cabup Pesibar Aria Lukita Dituntut 1 Tahun 2 Bulan

Aria Lukita Budiwan/net
Aria Lukita Budiwan/net

Mantan Calon Bupati Pesisir Barat (Cabup Pesibar) Aria Lukita Budiwan sebagai rekanan proyek dituntut 1 tahun 2 bulan penjara atas korupsi dalam proyek Jembatan Way Batu, Pesibar Tahun Anggaran 2014.


"Menuntut, menjatuhkan pidana penjara terhadap terdakwa Aria Lukita Budiwan, selama satu tahun dua bulan, denda sebesar Rp50 juta, subsidair tiga bulan pidana kurungan," ucap JPU di Pengadilan Negeri Tanjungkarang, Kamis (8/12).

Menurut JPU, Pengawas Keuangan dan pembangunan (BPKP) perwakilan Lampung pada 28 Desember 2021 telah menyatakan Aria Lukita menyebabkan kerugian negara sebesar Rp339 juta dari kegiatan pembangunan Jembatan Way Batu.

Sehingga, Aria Lukita Budiwan juga dituntut untuk membayar Rp339 Juta uang pengganti kerugian negara dengan subsidair yaitu penjara selama dua tahun dan enam bulan.

Uang pengganti tersebut telah dikembalikan seluruhnya oleh terdakwa, yang dititipkan melalui JPU, pada 2 Desember 2022 lalu.

Diketahui, Aria Lukita dituntut hukuman pidana sesuai dengan yang diatur dam diancam pada Pasal 3, Juncto Pasal 18 Ayat (1) Undang-undang nomor 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Sebagaimana telah diubah dan ditambah, Dengan Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 Tahun 2001, tentang pemberantasan Tidak Pidana Korupsi, Juncto Pasal 55 ayat (1) KUHP.

Sidang ini akan dilanjutkan pekan depan, dengan agenda pembacaan nota pembelaan dari terdakwa dan kuasa hukumnya.