KPK Juga Geledah Rumah Azis Syamsuddin

Rumah Dinas Azis Syamsuddin ketika digeledah KPK/Ist
Rumah Dinas Azis Syamsuddin ketika digeledah KPK/Ist

Para penyidik KPK menggeledah Rumah Dinas Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin di Jl. Denpasar Raya Kavling C3/3, Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu (28/4/2921), pukul 19.58 WIB.


Mereka juga menggeledah ruang kerja Azis Syamsuddin.

Aparat kepolisian terlihat mengawal para penyidik KPK yang membawa sebuah koper berwarna hitam saat masuk rumah dinas tersebut. 

Hingga pukuk 21.0 WIB, penyidik KPK masih melakukan penggeledahan.

KPK juga menggeledah ruang kerja Azis Syamsuddin di gedung DPR. Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri membenarkan adanya penggeledahan oleh KPK. Penggeledahan untuk mengumpulkan bukti-bukti terkait perkara. 

Penggeledahan itu terkait kasus dugaan suap penyidik KPK dari Polri AKP Stepanus Robin Pattuju. Hingga saat ini, penggeledahan masih dilakukan.

Ketua KPK Firli Bahuri membenarkan pihaknya menggeledah sejumlah lokasi terkait dengan Azis Syamsuddin untuk mendalami kasus dugaan korupsi yang berkaitan dengan penyidik KPK AKP Stepanus Robin Pattuju dan Wali Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara, M. Syahrial.

Selain ruang kerja Azis Syamsuddin, KPK juga geledah rumah dinas, dan rumah pribadi.

“KPK akan bekerja keras untuk mencari bukti-bukti dan seseorang dapat menjadi tersangka karena perbuatannya atau keadaannya berdasarkan bukti permulaan yang cukup dan kecukupan alat bukti,” kata pria yang pernah menjabat sebagai Kasat Reskrim di Polresta Bandar Lampung ini.

Diketahui, Azis terseret dalam kasus dugaan korupsi ini lantaran diduga menjembatani pertemuan antara penyidik Stepanus dengan Syahrial di rumah dinasnya, Oktober 2020.

Pertemuan itu menghasilkan kesepakatan, dimana Stepanus siap membuat kasus tidak dinaikkan ke tahap penyidikan.

Firli menegaskan penanganan kasus tetap berjalan. Syahrial sendiri sudah diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi lelang jabatan tersebut.