KPK Pastikan Tuntaskan Perkara yang Melibatkan Azis Syamsuddin

Deputi Bidang Penindakan dan Eksekusi KPK, Karyoto (kiri) saat menjawab pertanyaan wartawan/RMOL
Deputi Bidang Penindakan dan Eksekusi KPK, Karyoto (kiri) saat menjawab pertanyaan wartawan/RMOL

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan akan menuntaskan perkara-perkara yang melibatkan mantan Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin.


Kepastian itu disampaikan KPK, termasuk terkait perkara dugaan suap pengajuan Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN-P Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng).

Hal itu disampaikan oleh Deputi Bidang Penindakan dan Eksekusi KPK, Karyoto saat ditanya beberapa perkembangan informasi seperti keterlibatan orang kepercayaan Azis Syamsuddin, Aliza Gunado.

Wartawan juga bertanya pada Karyoto terkait dugaan pemberian uang dalam perkara suap penanganan perkara yang melibatkan mantan pegawai KPK, Stepanus Robin Pattuju.

"Masalah Azis Syamsuddin yang berkait dengan Lampung Tengah. Ini sudah memasuki proses persidangan, tentunya nanti kalau ada hal-hal yang terkait tentang temuan-temuan baru, Jaksa pasti akan membuat laporan dan itu akan diskusikan di forum," ujar Karyoto kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada Kav 4, Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu sore (10/11).

"Dan nanti apa yang sifatnya temuan baru atau penguatan akan dilakukan langkah-langkah penyelidikan maupun penyidikan," sambung Karyoto.

Karyoto menjelaskan bahwa perkara DAK Lamteng merupakan awal pintu masuk bagi KPK untuk menjerat Azis yang akhirnya juga terlibat dalam beberapa perkara lainnya.

KPK, kata Karyoto sedang melakukan proses penyidikan.

Untuk kasus yang lain, Karyoto menjelaskan akan menyesuaikan pengembangan proses yang tengah dilakukan lembaga antirasuah. Jika memang dalam pengembangan ada bukti yang kuat maka dipastikan Azis akan dijerat.

"Tapi ini sudah dibuka semua dipersidangan ya, baik yang dari Rita dan lain-lain, sudah dibuka semuanya. Kita nanti lihat bagaimana strategi Jaksa untuk mengungkapkan lebih dalam," pungkas Karyoto.