KPK Tetapkan Adik Mantan Bupati Lampung Utara Akbar Tandaniria Tersangka Gratifikasi 

KPK umumkan Akbar tersangka gratifikasi/Ist
KPK umumkan Akbar tersangka gratifikasi/Ist

KPK mengumumkan adik mantan Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara yakni Akbar Tandaniria sebagai tersangka dugaan tindak pidana korupsi penerimaan gratifikasi tahun 2015-2019 di Lampura, Jumat (15/10).


Dalam siaran langsung melalui kanal youtube KPK, kabar penetapan tersangka dan penahanan ini diumumkan Deputi Penindakan KPK Karyoto.

Ia mengatakan, ATMN (Akbar Tandaniria Mangkunegara) yang merupakan ASN sebagai tersangka dalam dugaan penerimaan gratifikasi di Lampura 2015-2019.

"Berdasarkan pengembangan kasus Agung Ilmu Mangkunegara di kabupaten Lampura 2014-2019, dilanjutkan penyelidikan, KPK menemukan bukti yang cukup dan naik ke tahap penyidikan April 2021," ujarnya. 

Ia melanjutkan, kasus ini adalah pengembangan dari kasus sebelumnya yang sudah menetapkan dua orang tersangka Agung Ilmu Mengkunegara dan Syahbudin dan sudah diputus oleh pengadilan tipikor. 

Konstruksi perkaranya, tersangka ATMN sebagai representasi Agung Ilmu Mangkunegara ini berperan aktif untuk ikut serta yang menentukan pengusaha dalam alokasi proyek di Dinas PUPR Lampura.