KPU Bandar Lampung Kejar Target Verifikasi Faktual Keanggotaan Parpol

Ilustrasi Rmol Network
Ilustrasi Rmol Network

KPU Kota Bandar Lampung mengejar target verifikasi faktual keanggotaan sembilan partai politik (parpol) yang akan berakhir Jumat (4/11) besok.


Ketua KPU Kota Bandar Lampung, Dedi Triyadi mengatakan, pelaksanaan verifikasi faktual keanggotaan parpol dilakukan secara door to door pada 17 Oktober 2022 hingga 1 November 2022.

"Ada beberapa yang tidak ditemui di alamatnya jadi kami minta ke parpol untuk dihadirkan di sekretariat partai dari tanggal 2 November sampai 4 November 2022," ujarnya, Kamis (3/11).

Dedy menjelaskan, selain kendala tersebut, proses verifikasi faktual terkendala jumlah verifikator yang terbatas dan mayoritas sample anggota parpol sedang bekerja atau tidak sedang dalam kediamannya.

"Jika tidak ketemu alamat dan orang, statusnya belum memenuhi syarat (BMS) sampai 4 November 2022, makanya kami minta hadirkan di sekretariat parpol," katanya.

Lanjut Dedi, jika memang tidak bisa dihadirkan ke sekretariat parpol, karena beberapa kendala, seperti sedang bekerja hingga sakit, maka diperkenankan verifikasi menggunakan video call.

Nantinya, pleno tanggal 5 November, nanti KPU RI menyerahkan seluruh hasil rekapitulasi verifikasi keanggotaan dari KPU Kabupaten kota, pada 9 November 2022, lalu pada 10 November -23 November2022  ada perbaikan keanggotaan.