KPU Bandar Lampung Paparkan 3 Rancangan Pemetaan Dapil Pemilu 2024

Koordinator Bidang Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Bandar Lampung Fery Triatmojo saat memaparkan tiga rancangan dapil di Hotel Sheraton, Rabu (23/11)/Faiza
Koordinator Bidang Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Bandar Lampung Fery Triatmojo saat memaparkan tiga rancangan dapil di Hotel Sheraton, Rabu (23/11)/Faiza

KPU Bandar Lampung memaparkan tiga rancangan perubahan peta Daerah Pemilihan (Dapil) untuk pemilihan umum (Pemilu) 2024 mendatang.


"Untuk alokasi kursi DPRD Bandar Lampung tetap 50 kursi," ujar Ketua KPU bandar Lampung Dedy Triadi saat rapat koordinasi penyusunan dan penetapan rancangan Dapil 2024  Bandar Lampung bersama partai politik, DPRD dan forkopimda setempat di Hotel Sheraton, Rabu (23/11).

Koordinator Bidang Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Bandar Lampung Fery Triatmojo mengatakan, tiga rancangan ini disusun berdasarkan tujuh prinsip sebagaimana diatur dalam PKPU Nomor 6 Tahun 2022.

Di antaranya, memiliki kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem Pemilu yang proporsional, proporsionalitas, integralitas wilayah, berada dalam cakupan wilayah yang sama, kohesivitas dan berkesinambungan.

"Hasilnya sesuai dinamika dan aspirasi saat rapat koordinasi," ujar Fery Triatmojo.

Di mana, rancangan pertama, yakni rancangan yang sama saat digunakan pada pemilu 2019 yakni; Dapil 1 (8 kursi) di antaranya Telukbetung Utara, Telukbetung Barat, Telukbetung Timur, dan Telukbetung Selatan.

Dapil 2 (8 kursi) meliputi Tanjungkarang Pusat, Tanjungkarang Timur, Tanjungkarang Barat dan Enggal. Dapil 3 (8 kursi) meliputi kecamatan Rajabasa, Kemiling, dan Langkapura.

Dapil 4 (9 kursi) Kecamatan Kedaton, Labuhan Ratu, dan Wayhalim. Dapil 5 (9 kursi) meliputi Sukarame, Tanjung Senang, dan Sukabumi. Kemudian Dapil 6 (9 kursi) meliputi Kecamatan Panjang, Bumi Waras dan Kedamaian.

Rancangan kedua, Dapil 1 (9 kursi) meliputi, Telukbetung Utara, Telukbetung Barat, Telukbetung Timur, Telukbetung Selatan dan Enggal.

Dapil 2 (11 kursi) Tanjungkarang Barat, Tanjungkarang Pusat, Kemiling dan Langkapura. Dapil 3 (11 kursi) meliputi Sukarame, Rajabasa, Tanjung Seneng dan Labuhan Ratu.

Kemudian, Dapil 4 (10 kursi) meliputi Kedaton, Tanjungkarang Timur, Wayhalim dan Kedamaian. Dapil 5 Panjang, Sukabumi, dan Bumi Waras.

Sementara itu, untuk rancangan ketiga, Dapil 1 (8 kursi) Telukbetung Utara, Telukbetung Barat, Telukbetung Timur, dan Telukbetung Selatan.

Dapil 2 (8 kursi) yakni kecamatan Tanjungkarang Timur, Tanjungkarang Pusat, Enggal dan Kedamaian. Dapil 3 (9 kursi) meliputi Tanjungkarang Barat, Kemiling dan Langkapura.

Dapil 4 (7 kursi) meliputi kecamatan Kedaton, Rajabasa dan Labuhan Ratu. Dapil 5 (9 kursi) Sukarame, Tanjung Senang dan Wayhalim. Dapil 6 (9 kursi) meliputi Panjang, Bumi Waras dan Sukabumi.