KPU Bandarlampung Serahkan APK Dan Bahan Kampanye

Peneyrahan APK dan bahan kampanye Paslon/ RMOLLampung
Peneyrahan APK dan bahan kampanye Paslon/ RMOLLampung

KPU Bandarlampung menyerahkan Alat Peraga Kampanye (APK) dan bahan kampanye kepada LO masing-masing calon wali kota dan wakil wali kota, Kamis (15/10).


Masing-masing LO calon nomor urut 1 Rycko Menoza-Johan Sulaiman, calon nomor urut 2 Yusuf Kohar -Tulus Purnomo dan calon nomor urut 3 Eva Dwiana-Deddy Amarullah hadir ke Kantor KPU Bandarlampung.

Ketua KPU Bandarlampung Dedy Triadi mengatakan, kewajiban KPU memfasilitasi APK dan bahan kampanye tiap calon.

"Sudah kita terima kemarin malam bahan kampanye dari perusahaan percetakan di Klaten, kami serahkan untuk disebarkan selama tahapan kampanye dan  pemasangannya sesuai dengan zona yang ditentukan," ujarnya.

Rinciannya adalah Baliho berukuran 3x5 meter, Spanduk 252 buah per calon yang masing-masing dipasang 2 buah per kelurahan dan umbul-umbul 400 buah tiap calon.

Kemudian, Poster 334.672 lembar, pamflet, brosur dan flyer masing-masing berjumlah 173.672.

Berdasarkan laman pengadaan KPU RI,  Pengadaan Alat Peraga Kampanye Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bandarlampung Tahun 2020 hanya bernilai Rp211 juta saja. Dengan pagu paket senilai Rp217.080.000,00 dan Nilai HPS Paket Rp211.080.000,29.

Artinya,  jika yang menjadi kewenangan KPU hanya Rp211 juta,  paslon dapat jatah sebesar 200 persen atau Rp422 juta.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Bandarlampung Candrawansah meminta tiap paslon memasang APK dengan memperhatikan estetika.

"Jangan kebanyakan di pohon, apalagi kalau dipaku, di tiang listrik. Ini sudah banyak ditertibkan, tapi tetap saja dipasang. Tidak jadi masalah kalau dipasang di tiang sendiri," kata dia.