KPU Bandarlampung Simulasi Teknis Pencoblosan Pilwakot 

Simulasi pemungutan suara/Ist
Simulasi pemungutan suara/Ist

KPU Kota Bandarlampung mengadakan simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pilwakot, Sabtu (21/11).


Simulasi di halaman Kantor KPU setempat sejak pukul 07.00 WIB seperti waktu sebenarnya di TPS pada 9 Desember mendatang.

Sebelumi simulasi, Ketua Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) memandu sumpah jabatan.

Kemudian, KPPS bersama pengawas, dan saksi pasangan calon mengecek kelengkapan formulir, surat suara, dan lainnya dalam kotak suara.

Pemilih harus datang membawa e-KTP dan surat undangan KPU (C6). Kemudian sebelum memasuki TPS,  petugas akan mengecek suhu tubuh pemilih menggunakan thermo gun. 

Pemilih juga diberi sarung tangan plastik, mengisi daftar hadir dan panitia memberikan surat suara. Selanjutnya, pemilih langsung mencoblos di tempat yang sudah disediakan. 

Namun, bagi pemilih dengan suhu di atas 37 derajat akan melakukan pencoblosan di bilik khusus yang juga disediakan. 

Kemudian, surat suara yang sudah dicoblos dimasukkan ke kotak suara dan jari pemilih akan diberi tetesan tinta biru permanen sebagai tanda sudah mencoblos. 

Kordiv Teknis dan Penyelenggara KPU Bandarlampung Fery Triatmojo mengatakan, bagi pemilih yang tidak terdaftar di DPT tapi memiliki e-KTP bisa datang ke TPS setelah pukul 12.00. 

Pada surat undangan C6 sudah tertera watu di mana pemilih harus hadir agar tidak terjadi kerumunan selama pemilihan. 

Kemudian, bagi para saksi tiap paslon yang ingin memilih di TPS tempat dirinya menjadi saksi wajib menunjukkan surat pindah memilih (A5).

Selanjutnya, pukul 13.00 KPPS mulai persiapan penghitungan suara.