KPU Lampung Akan Kurangi 50 Pemilih Calon Anggota DPD RI Per Satu Data Ganda

Komisioner KPU Lampung Ismanto/Faiza
Komisioner KPU Lampung Ismanto/Faiza

Syarat dukungan minimal untuk menjadi peserta Pemilu Anggota DPD RI pada 2024 di Daerah Pemilihan (Dapil) Lampung sebanyak 3.000 pemilih. Seluruhnya diunggah di Sistem Informasi Pencalonan (Silon).


Komisioner KPU Lampung Bidang Teknis Penyelenggara, Ismanto mengatakan, 3.000 dukungan tersebut harus tersebar di minimal 8 kabupaten kota atau 50 persen jumlah daerah di Lampung yang berjumlah 15.

"Dukungan itu dibuktikan dengan daftar dukungan yang dibubuhi tanda tangan dan dilengkapi dengan foto copy E-KTP/Kartu Keluarga setiap pendukung," kata 

Ismanto menyarankan kepada calon Anggota DPD RI untuk mengumpulkan minimal dua kali dari 3.000 minimal suara untuk mengantisipasi data ganda dan data tidak memenuhi syarat lainnya.

"Nanti akan ada perbaikan pertama, diperbaiki, kemudian ada tahap perbaikan kedua. Jika masih ada data ganda di perbaikan kedua, calon akan diberi punishment pengurangan 50 dukungan per satu data ganda," kata Ismanto.

Menurut Ismanto, pengurangan 50 dukungan per satu data ganda itu berlaku baik ganda internal maupun eksternal (dengan calon lainnya). Data tersebut akan terlihat jelas di Silon KPU.

Menanggapi itu, LO dari Jihan Nurlela Chalim,  Beni Yulianto, mengatakan pihaknya mengikuti saran dari KPU dengan menyiapkan syarat dukungan sebanyak-banyaknya.

"Mudah-mudahan 6.000 dukungan bisa tercapai," kata Beni Yulianto usai rapat koordinasi bersama KPU Lampung dan LO Calon Anggota DPD RI Dapil Lampung di Hotel Sheraton, Kamis (8/12).

Ia melanjutkan, untuk mengantisipasi sanksi pengurangan 50 dukungan per satu data ganda, pihaknya akan mengecek dukungan secara spesifik dan memberikan data sebanyak-banyaknya.

Diketahui, DPD RI Dapil Lampung akan tetap 4 kursi seperti Pemilu tahun sebelumnya. Empat anggota DPD RI asal Dapil Lampung periode 2019-2024 adalah Jihan Nurlela dengan raihan suara 810.373, Abdul Hakim dengan raihan suara 381.963, Ahmad Bastian dengan raihan suara 377.067, dan Bustami Zainudin dengan raihan suara 245.784.