KPU Se-Lampung Bahas Anggaran Pilkada Serentak 2024

Rapat Koordinasi KPU Lampung bersama KPU 15 kabupaten kota/Faiza
Rapat Koordinasi KPU Lampung bersama KPU 15 kabupaten kota/Faiza

KPU Lampung bersama seluruh KPU Kabupaten Kota rapat koordinasi membahas rencana Anggaran Pilkada serentak 27 November 2024 secara virtual, Senin (30/5).


Pilkada serentak tersebut meliputi Pemilihan Gubernur, Pemilihan Bupati dan Pemilihan Walikota. 

Koordinator Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Lampung Titik Sutriningsih mengatakan, rapat ini dilakukan untuk membahas usulan rencana anggaran tiap kabupaten kota. 

Pasalnya, dana Pilkada tidak hanya akan dibebankan kepada Pemerintah Provinsi Lampung, melainkan juga kepada Pemerintah Kabupaten kota setempat. Sistem ini disebut mekanisme sharing. 

"Karena anggaran Pilkada 2024 ada sharing dari kabupaten kota sehingga tidak dibebankan ke Pemprov seluruhnya. Sehingga perlu koordinasi rancangan anggaran masing-masing," ujarnya. 

Nantinya, lanjut Titik, anggaran yang disepakati KPU Lampung dan KPU kabupaten kota akan diusulkan ke Pemda masing-masing. Soal besaran anggarannya, Titik belum bisa memastikan. 

"Untuk besaran anggaran, tidak terlalu jauh dengan pilkada 2018 lalu, kemunginan ada kenaikan honorarium badan adhoc dan logistik yang harganya mungkin sudah berubah," sambungnya. 

Mantan Ketua KPU Lampung Selatan ini melanjutkan, rancangan anggaran tersebut akan dibahas dalam rapat koordinasi dan segera akan diusulkan ke Pemprov Lampung pekan depan.