KPU Waykanan Sosialisasi Tahapan Pencalonan

KPU Waykanan sosialisasi tahapan pencalonan/Ist
KPU Waykanan sosialisasi tahapan pencalonan/Ist

Jelang pendaftaran Pasangan Calon, KPU Waykanan melaksanakan Sosialisasi Pencalonan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Waykanan Tahun 2020 di Aula KPU kabupaten Waykanan Selasa (25/8).


Ketua KPU Waykanan Refki Dharmawan mengatakan, pihaknya menyosialisasikan tahapan, jadwal, program pilkada 2020 hingga hari-H pemungutan suara 9 Desember 2020.


Ia melanjutkan, tahapan pencalonan akan dimulai dengan Pengumuman Pendaftaran Pasangan Calon pada tanggal 28 Agustus – 3 September.


Selanjutnya, pendaftaran pasangan calon tanggal 4-6 September, penetapan pasangan calon 23 September dan Pengundian dan Pengumuman Nomor Urut pada tanggal 24 September 2020.


Dalam Pemilu 2019 yang lalu, perolehan Partai Politik di Kabupaten Waykanan adalah sebanyak 40 kursi DPRD. Dari hitungan ini, maka syarat minimal 20% kursi adalah 8 kursi partai politik atau gabungan partai politik.


Saat ini, pihaknya telah menyelesaikan pencocokan dan penelitian terhadap 339.525 data pemilih A-KWK yang dimulai sejak tanggal 15 Juli hingga 13 Agustus yang lalu.


Kemudian akan diplenokan sebagai DPS pada tanggal 5 – 14 September 2020.


Sementara itu, Ketua KPU Propinsi Lampung Erwan Bustami mengatakan tak ada permasalahan di Waykanan selama tahapan Pilkada 2020 dan koordinasi lintas stake holder berjalan baik dan harmonis.


Ia melanjutkan, ada kemungkinan penambahan syarat calon harus ditest swab bebas Covid-19, hal ini merupakan permintaan IDI Lampung setelah rakor bersama KPU, IDI, HIMPSI dan BNN Provinsi Lampung.


Komisioner Bawaslu Provinsi Lampung Iskardo P. Panggar menyampaikan pentingnya peningkatan partisipasi politik masyarakat, dan kepatuhan pencegahan Covid-19.


Juga peningkatan sosialisasi pemenuhan E-KTP bagi pemilih di sekitar hutan register dan pencermatan data pemilih perbatasan antar kabupaten sehingga kualitas demokrasi semakin baik.


Kegiatan ini juga dihadiri Dandim Letkol Inf. Anak Agung Gede Rama, Kabag Ops. Polres Kompol Suharjono, Pimpinan Partai Politik Se-Kabupaten Kanan dan Anggota Bawaslu Waykanan.