Kukuhkan Pengurus Perhiptani Pesawaran, Sutono: Persoalan Penyuluh Sangat Kompleks

Sutono dan Dendi Ramadhona pada pengukuhan pengurus Perhiptani/ Rama
Sutono dan Dendi Ramadhona pada pengukuhan pengurus Perhiptani/ Rama

Pengurus DPD Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Kabupaten Pesawaran masa bakti 2021-2026 resmi dikukuhkan.


Ketua Perhiptani Provinsi Lampung Sutono mengatakan, persoalan penyuluh di lapangan sangat kompleks sehingga diperlukan komunikasi dan integrasi dari pihak terkait sebagai solusi.

"Para penyuluh ini banyak persoalannya, banyak yang mereka keluhkan di lapangan, karenanya diperlukan wadah untuk dapat mengakomodasi segala kendala untuk mengatasinya," kata Sutono saat pengukuhan di Balai Desa Sungai Langka Kecamatan Gedong Tataan, Kamis (20/1).

Sementara, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona menyampaikan terima kasih atas perhatian Ketua Perhiptani Provinsi Lampung Sutono yang terus memperhatikan masalah pertanian di kabupaten Bumi Andan Jejama.

"Beliau (Sutono, Red) aktif secara terus menerus memperhatikan persoalan pertanian, baik di wiliyah hutan dan perkebunan serta perikanan yang ada di Pesawaran, dan saya sampaikan terima kasih, semoga menjadikan akselerasi kemajuan pertanian kita," ujar Dendi.

Ia mengatakan, petani sebelumnya identik dengan usia tua namun sekarang sudah mulai banyak petani yang berasal dari pemuda dengan berbagai inovasinya.

"Kalau ingin besar BOP-nya, tingkatkan kualitas para penyuluh. Karena petani sesungguhnya sangat siap bertani apa saja asalkan ada jaminan panen yang sesuai, mau tanam kakao, padi dan jagung atau komoditi lain asakan hulu dan hilirnya terjamin, pasti petani mau dan insya Allah sejahtera," timpalnya.

Kemudian, bagi kecamatan yang memiliki penyuluh dengan kinerja baik akan diberikan hadiah guna memacu tugas di lapangan. Tentunya dengan penilaian dari berbagai aspek sehingha para penyuluh dapar menjadi panutan bagi petani.

"Bagi kecamatan yang memiliki penyuluh terbaik, nanti akan diberikan reward (penghargaan, Red) berupa sepeda motor, untuk itu tingkatkan kualitas dan dampingi petani agar lebih baik dan sejahtera," ujarnya.

Dendi juga meminta agar penyuluh melakukan pertemuan setiap tiga bulan sekali dengan dirinya untuk membahas apa saja yang menjadi kendala.

"Silahkan semua penyuluh membuat proposal ke saya, kalau memang punya potensi dan inovasi bagus serta dapat dilaksanakan dalam rangka menyejahterakan petani, juga akan diberikan bea siswa S2 di Polinela," tegasnya.

Diketahui, Ketua Perhiptani Provinsi Lampung Sutono, yang juga Sekretaris DPD PDIP Provinsi Lampung mengukuhkan Eko Heriadi sebagai Ketua DPD Perhiptani Kabupaten Pesawaran. Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan MoU antara Bupati Pesawaran, Ketua Perhiptani Provinsi Lampung dan Polinela Lampung guna mengembangkan sektor pertanian di Kabupaten Pesawaran.