Kuota Kurang, PDIP Lampung Perpanjang Penjaringan Bacaleg Hingga 30 September

Sekretaris PDIP Lampung Sutono/Faiza
Sekretaris PDIP Lampung Sutono/Faiza

DPD PDIP Lampung memperpanjang penjaringan bakal calon legislatif (bacaleg) hingga 30 September 2022. Sebelumnya, penjaringan bacaleg dibuka hingga 25 September 2022.


"Ada perintah dari DPP untuk memperpanjang hingga akhir bulan ini, yaitu 30 September 2022, jadi yang mau mendaftar masih bisa dan kita minta penuh keseriusan dan siap berjuang bersama PDIP,” kata Sekretaris PDIP Lampung Sutono, Rabu (28/9).

Sutono mengatakan, pendaftaran dibuka untuk umum. Namun, diprioritaskan bagi para tokoh masyarakat yang berkeinginan kuat dan siap berjuang bersama PDI Perjuangan.

Mantan Sekretaris Daerah Provinsi Lampung ini mengatakan, masih ada beberapa kabupaten yang belum memenuhi kuota yang telah disediakan.

“Sebelumnya kita melakukan evaluasi dan kita perintahkan kepada kabupaten/kota untuk menyelesaikannya kemarin tapi setelah dilihat ternyata masih banyak kabupaten kota yang belum memenuhi kuota,” katanya.

Tiap kabupaten kota, kata Sutono, diminta untuk memenuhi jumlah kursi masing-masing daerah. Targetnya, minimum terisi 120 persen yang mendaftar.

“Nanti diseleksi mana yang layak untuk dikirim untuk mengikuti tahap selanjutnya, perlu diketahui juga bahwa penetapan dilakukan oleh DPP partai, jadi kami hanya menjaring dan menyetorkan saja,” sambungnya.

Ia memaparkan, untuk bacaleg Provinsi Lampung dari 8 daerah pemilihan (dapil), pendaftar sudah 90 persen. Sehingga, diperkirakan masa perpanjangan pendaftaran bisa melebihi target tersebut.

“Seperti di Bandar Lampung saja itu disediakan 11 kursi, dan sudah dipenuhi oleh 11 calon, jadi memang rata-rata sudah memenuhi target. Dan memang sampai saat ini yang belum ada laporan itu kebanyakan dari kabupaten,” kata dia.