Kuota SNMPTN Dibatasi, Sekolah Akreditasi A Hanya 40 Persen

M. Komarudin/RMOLLampung
M. Komarudin/RMOLLampung

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 yang akan dibuka pada 15-24 Februari mendatang dilakukan pembatasan kuota per sekolahan.


Sekolah yang terakreditasi A hanya 40 persen, terakreditasi B sebanyak 25 persen dan terakreditasi C sebanyak 5 persen. 

Humas Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Lampung, M Komarudin mengatakan pembatasan kuota dilakukan agar proses penjaringan batul-betul untuk calon mahasiswa yang berprestasi. 

"Untuk prestasi ini diserahkan sepenuhnya kepada sekolah, artinya baik pemeringkatannya, cara penilaiannya diberikan otonomi kepada sekolah. Sehingga nanti sekolah yang bertanggungjawab terhadap pemeringkat tersebut," kata M Komaruddin, Senin (11/1). 

Menurutnya, dengan pembatasan kuota dari 50 persen menjadi 40 persen untuk sekolah yang terakreditasi A ini diharapkan PTN benar-benar memperoleh calon mahasiswa yang berprestasi. 

"Jadi harapnya kita dengan sedikit itu (kuota SNMPTN) memang prestasi yang excellent yang dikirimkan ke perguruan tinggi," ujarnya. 

Berdasarkan informasi di portal LTMPT jadwal registrasi akun LTMPT untuk SNMPTN 2021 dibuka pada 4 Januari, registrasi dilakukan sampai 1 Februari.

Lalu, jadwal penetapan siswa yang eligible oleh sekolah dilakukan mulai 4 Januari sampai 8 Februari. Pengisian PDSS dilakukan 11 Januari sampai 8 Februari. 

Kemudian, pendaftaran SNMPTN dilakukan 15-24 Februari dan pengumuman hasil SNMPTN akan dilakukan pada 22 Maret 2021.