LAdA Damar-KPPI Bahas Dukungan Laki-laki Pimpinan Parpol untuk Keterpilihan Perempuan di Pemilu

Pemetaan Isu Krusial dan Dukungan Laki-Laki Pimpinan Partai Politik untuk Keterpilihan Perempuan Politisi Lampung di Pemilu 2024, Kamis (10/11)/LAdA Damar
Pemetaan Isu Krusial dan Dukungan Laki-Laki Pimpinan Partai Politik untuk Keterpilihan Perempuan Politisi Lampung di Pemilu 2024, Kamis (10/11)/LAdA Damar

LAdA Damar bekerjasama dengan Kaukus Perempuan Politisi Indonesia (KPPI) Lampung mengadakan rangkaian kegiatan yang bertema Pemetaan Isu Krusial dan Dukungan Laki-Laki Pimpinan Partai Politik untuk Keterpilihan Perempuan Politisi Lampung di Pemilu 2024.


Kegiatan dalam rangka mendukung keterpilihan perempuan pada Pemilu 2024 itu dilaksanakan di Whiz Prime Hotel Bandar Lampung, Kamis-Jumat (10-11/11).

Kegiatan ini dihadiri 30 perempuan lintas partai politik yang telah mendapatkan rangkaian pendidikan dari The International Republican Institut - Women Democracy Network sebelumnya.

Hari pertama difasilitasi oleh Abdul Gaffar Karim Akademisi Fisip UGM bersama Sely Fitriani Direktur Eksekutif LAdA DAMAR. Para peserta diberikan penguatan perspektif adil gender untuk mengidentifikasi akar persoalan yang menimbulkan berbagai ketidakadilan yang dialami perempuan termasuk perempuan politisi.

Selanjutnya 15 CSO diantaranya LAdA DAMAR, YKWS, WALHI, SADILA, SP Sebay Lampung, LBH Bandar Lampung, IPPI, PKBI, AIMI, KKPPMP, Mitra Bentala, AJI Bandar Lampung, HWDI, PPDI, dan Gerkatin akan menyampaikan fokus isu yang diperjuangkan. 

Sely Fitriani mengatakan, hal itu dilakukan agar perempuan politisi memahami berbagai persoalan krusial di Lampung, dan menjadi agenda yang akan diperjuangkan di partai politik maupun ketika terpilih menjadi anggota legislatif.

Selain, kegiatan ini akan mengahadirkan laki-laki pimpinan lintas partai politik untuk membahas strategi mereka untuk mendukung perempuan politisi dalam pencalonan dan keterpilihan di Pemilu Legislatif 2024.

Pemantik diskusi Abdul Gaffar Karim Akademisi Fisip UGM menyampaikan tentang Pentingnya Upaya dan Aksi Laki-Laki Pimpinan Partai Politik terhadap Pencalonan dan Keterpilihan Perempuan di Pemilu Legislatif 2024.

Dian Wahyu Kusuma Ketua AJI Bandar Lampung, menyampaikan tentang Peran Media dalam Peningkatan Elektabilitas dan Popularitas Perempuan Politisi.

Sementara, Yandri Nazir Politisi Partai Demokrat Provinsi Lampung, akan berbagi pengalaman dalam mendorong keterpilihan perempuan politisi di pemilu legislatif.

"Dari pembahasan diskusi ini diharapkan akan muncul strategi dalam mendorong keterpilihan perempuan di Pemilu Legislatif 2024 mendatang," pungkas Selly.