Lagi, Buaya Muara Serang Warga Di Wonosobo

Bakarudin yang diserang buaya/Ist
Bakarudin yang diserang buaya/Ist

Buaya muara kembali menyerang warga. Bakarudin (40) nelayan asal Pekon Kampungbaru Kecamatan Pematang Sawa, luka di kaki kanan dengan 37 jahitan akibat gigitan buaya.


Korban diserang buaya saat bersama anaknya mencari udang rebon di Pantai Saomil Pekon Karanganyar Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Tanggamus, Senin (12/10).

Bakarudin mengatakan, ditemani anaknya dia berangkat subuh dari rumah ke pantai saomil untuk mencari udang rebon untuk umpan pancing, sekira pukul 04.30 WIB, saat ia sedang mendorong (serokan) atau sayid yang terbuat dari bambu yang dirangkaian jaring, tanpa ia sadari seekor buaya muara sepanjang 3 meter menyambar kaki kanannya.

"Saya berupaya melepas gigitan buaya dan berlari ketepian dibantu anak saya. Bersama anak saya langsung pulang ke rumah di Pekon Kampungbaru Kecamatan Pematang Sawa," jelasnya.

Akibat gigitan buaya tersebut terdapat 6 luka menganga dibagian kaki kanannya, dan mendapatkan tigapuluh tujuh jahitan.

Adanya warga pekon kampungbaru digigit buaya, turut dibenarkan Kapolsek Pematang Sawa Ipda Ahmad Junaidi. Dia mengatakan jam 7:30 mendapat laporan ada warga menjadi korban gigitan buaya, angotanya langsung turun mendatangi rumah korban.

"Upaya yang kami lakukan, berkoordinasi dengan polsek wonosobo, mengingat lokasi kejadian di pantai saomil adalah wilayah kecamatan wonosobo, dan memasang papan peringatan,” katanya.

Kapolsek berharap, supaya warga selalu waspada saat beraktivitas di sepanjang bibir pantai teluk semaka, dia juga berharap kepada pihak BKSDA Provinsi untuk mengambil tindakan, mengigat semakin banyak warga yang menjadi korban gigitan buaya.

Sebelumnya, warga Pekon Tugupapak Kecamatan Semaka menjadi korban gigitan buaya saat memasang jaring ikan pasca banjir pekan lalu.