Lampaui Target Nasional, Polda Sebagai Pendorong Vaksinasi Covid-19 di Lampung

Kabid Humas Kombes Zahwani Pandra Arsyad/Ist
Kabid Humas Kombes Zahwani Pandra Arsyad/Ist

Kepolisian Daerah (Polda) Lampung terus berupaya melakukan percepatan vaksinasi covid-19 agar kekebalan kelompok atau herd immunity di Provinsi Lampung dapat segera terbentuk.


Kapolda Lampung Irjen Hendro Sugiatno melalui Kabid Humas Kombes Zahwani Pandra Arsyad mengatakan, target vaksinasi ini dapat kita capai berkat kerja keras seluruh personil Polda Lampung dan jajaran serta unsur TNI dan Pemda.

"Atas nama pimpinan, Polda Lampung mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada seluruh personil dan unsur dari TNI serta Pemda, " ujar Pandra, Kamis (6/1).

Mulai awal bulan Maret 2021, pemerintah membuat program vaksinasi pada masyarakat, Polri khususnya Polda Lampung sebagai pendorong giat vaksinasi covid-19 di Provinsi Lampung dan jajaran dengan menggandeng instansi terkait, mulai dari pemerintah daerah, tenaga relawan, Dinas Kesehatan dan unsur dari TNI, untuk sama-sama mendukung program pemerintah tersebut.

"Polri khususnya Polda Lampung sebagai pendorong giat vaksinasi covid-19 di Provinsi Lampung dan jajaran dengan menggandeng instansi terkait, mulai dari pemerintah daerah, tenaga relawan, Dinas Kesehatan dan unsur dari TNI," imbuhnya.

Guna mendukung program vaksinasi tersebut, Polda Lampung membuat strategi untuk melayani vaksinasi covid-19 pada masyarakat Lampung, mulai dari program Vaksinasi Massal Polda Lampung, Serbuan Vaksin Polda Lampung, Vaksinasi Alumni Akpol dan mendirikan Gerai Vaksin Presisi Polda Lampung yang hingga saat ini masih berjalan.

"Berdasarkan data harian Gerai Vaksin Presisi dari Biro Operasi (Ro Ops) Polda Lampung, jumlah vaksin yang diterima Polda Lampung dan jajaran sebanyak 2.500.630 dosis, jumlah yang sudah disuntikan ke masyarakat sebanyak 2.376.356 dosis, masih tersisa 124.274 dosis," tandasnya. 

Dari jumlah total vaksin yang di gunakan oleh Polda Lampung sekitar 95,03 persen, capaian jumlah tersebut menjadi penunjang terbesar dalam progres capaian vaksinasi di Provinsi Lampung yaitu 78,07 persen hingga hari ini.

Untuk diketahui, seluruh Kabupaten dan Kota di Provinsi Lampung capaian vaksinasi sudah mencapai 70 persen. "Beberapa hari lalu Kabupaten Pesawaran belum mencapai target, setelah kita lakukan asistensi, alhamdulillah capaian Kabupaten Pesawaran sdh mencapai 70 persen," tutup Pandra.