Lanal III Lampung akan Tanam Bibit Mangrove di Pesisir Pesawaran 26 Juli

Danlanal III Lampung Letkol Laut (P) Zul Fahmi saat menerima kunjungan PWI Pesawaran/ Ist
Danlanal III Lampung Letkol Laut (P) Zul Fahmi saat menerima kunjungan PWI Pesawaran/ Ist

Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) III Lampung akan menanam bibit mangrove di pesisir laut Kabupaten Pesawaran secara serentak se-Indonesia dengan dihadiri Presiden RI Joko Widodo pada 26 Juli 2022 mendatang. 


Dikatakan Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) III Lampung Letkol Laut (P) Zul Fahmi saat menerima kunjungan silaturahmi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pesawaran di Mako Lanal Desa Batu Menyan Kecamatan Teluk Pandan, Kamis (21/7). 

"Iya, 26 Juli mendatang, kami akan melaksanakan kegiatan sosial berupa menanam mangrove di Cuku Nyinyi, Desa Sidodadi, Kecamatan Teluk Pandan, dan ini akan dilakukan secara serentak dengan dihadiri Presiden RI Joko Widodo bersama Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono di pesisir Jakarta," kata Zul Fahmi.

Menurutnya, sedikitnya 5000 bibit tanaman mangrove telah disiapkan dan nantinya akan ditambah menjadi 10.000 bibit tanaman mangrove.

"Penanaman mangrove tersebut turut membantu pemerintah dalam mempromosikan wisata di Kabupaten Pesawaran dan juga menjaga kelestarian hutan mangrove di wilayah pesisir sehingga diharapkan dapat mencegah abrasi sekaligus menjaga ekosistem yang ada," ujarnya.

Kunjungan silaturahmi PWI Pesawaran dengan Danlanal III Lampung tersebut dilakukan guna membahas berbagai hal, diantaranya soal bagaimana menjaga integritas yang baik dan menyikapi jika muncul isu lokal maupun nasional.

"Wartawan dengan TNI AL tentunya harus saling bersinergi, sehingga diharapkan dapat membantu tugas masing masing institusi. Kami juga perlu pers dan wartawan juga butuh informasi untuk disajikan menjadi berita. Kita saling melengkapi," kata dia.

Sementara, Ketua PWI Kabupaten Pesawaran Ismail diwakili Sekretaris Sapto Firmansis dengan didampingi Bendahara PWI Reza Utama, Ketua Seksi Organisasi Rama Diansyah, Ketua Seksi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wahyudin dan Ketua Seksi Hubungan Antar Lembaga Putra Pancasila Sakti. 

"Saturahmi ini merupakan sinergitas PWI Kabupaten Pesawaran dengan TNI dari Pangakalan Angkatan Laut (Lanal) III Lampung, sehingga kedepan dapat terjalin komunikasi dua arah yang saling menguatkan dan mengingatkan, " kata Sapto.

Diketahui, PWI Pesawaran terus meningkatkan komunikasi dan bersinergi dengan sejumlah mitra institusi negara juga pemerintah dalam menjalankan tugas jurnalistik.