Latarbelakang Calon KIP Disorot DPRD

15 orang calon anggota KIP (Komisi Informasi Publik) kini menjalani seleksi oleh DPRD Lampung. Rekam jejak atau latar belakang setiap calon menjadi point paling penting untuk dinilai.


[RMOL] 15 orang calon anggota KIP (Komisi Informasi Publik) kini menjalani seleksi oleh DPRD Lampung. Rekam jejak atau latar belakang setiap calon menjadi point paling penting untuk dinilai.

Ketua Komisi I DPRD Lampung Yozi Rizal mengatakan, KIP merupakan representasi dari keterwakilan masyarakat dilembaga negara. Sebagai cermin kelompok, ketokohan dan pengalaman akan mendukung kinerja KIP dalam menjalankan fungsi layanan publik.

"Latarbelakang calon KIP menjadi sangat penting yang akan dinilai DPRD agar KIP semakin profesional," ujar Yozi Rizal kepada RMOLLampung.id, Selasa (24/12).

Dia menjelaskan, komisi I DPRD kini sedang rapat koordinasi untuk menyusun jadwal fit and proper test (FPT) dan tahapan lainya.

Daftar nama yang masuk ke DPRD, saat ini ada 15 orang calon anggota KIP. Mereka sudah melalui beberapa tahapan seleksi, dan sudah mendapat rekomendari dari gubernur Lampung.

Dari 15 itu, nantinya diminta membuat satu makalah untuk diuji, dan berikutnya diwawancarai lalu dipilih 5 orang untuk ditetapkan sebagai KIP yang baru.

Pihak DPRD berharap untuk bisa diselesaikan akhir bulan Desember 2019, atau sekitar tanggal 26-27 Desember mendatang, DPRD masih akan koordinasi dengan Kemenkominfo. (*)